Apa itu jerawat? Penyebab Jerawat dan Jenis Jerawat

Banyak kita jumpai salah satu masalah kulit wajah pada seseorang yaitu jerawat. Kondisi jerawat inilah yang sering menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan juga menyebabkan ketidak percayaan diri pada seseorang. Jerawat bukan hanya muncul diwajah, akan tetapi juga muncul pada bagian punggung ataupun leher.

Tak sedikit baik pria maupun wanita sangat memperhatikan masalah jerawat ini, karena bisa menurunkan rasa percaya diri mereka saat bertemu dengan seseorang, sampai rela mengeluarkan dana untuk mengatasi masalah jerawat tersebut.

Sebelum jerawat datang menyerang kita, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu jerawat dan penyebab terjadinya jerawat pada kulit kita.

Apa itu jerawat? Penyebab Jerawat dan Jenis Jerawat

Apa itu jerawat?

Jerawat merupakan peradangan yang ada pada kulit seseorang. Jerawat ini biasanya muncul pertama kali saat memasuki usia remaja. Penyebab jerawat dikarenakan adanya perubahan hormon pada tubuh. Tidak ada seorang pun yang memasuki masa remaja tanpa adanya jerawat walaupun hanya sekali dalam seumur hidupnya.

Jenis jerawat pun yang dimiliki seseorang berbeda dengan orang lain. Ada yang berukuran kecil dan juga berukuran besar. Pada kasus tertentu jerawat dapat meninggalkan bekas berlubang di wajah yang tentunya sangat mengganggu.

Penyebab munculnya jerawat

Penyebab timbulnya jerawat pada wajah harus sangat dipahami, terutama untuk mencegah munculnya jerawat. Penyebab jerawat pada remaja sudah anda ketahui, yaitu akibat adanya perubahan hormonal pada tubuh saat masa pubertas. Namun jerawat bukan hanya muncul pada remaja, tetapi juga sering muncul pada orang dewasa. Hal ini membuat anda bertanya-tanya apa penyebab timbulnya jerawat? Berikut adalah beberapa penyebab munculnya jerawat:

1. Produksi minyak berlebih

Jerawat juga sering muncul walaupun rajin dalam membersihkan wajah. Perlu anda pahami bahwa munculnya jerawat bisa disebabkan faktor internal dalam tubuh. Jerawat akan muncul karena adanya kondisi abnormal pada kulit dan juga gangguan akibat kelebihan produksi kelenjar minyak yang menyebabkan penyumbatan pada folikel pori-pori dan rambut kulit.

Baca Juga: Penyebab Kulit Wajah Berminyak

2. Bakteri

Bakteri dapat berkembang biak pada kelenjar sebaceos yang mengalami penyumbatan. Dengan adanya bakteri ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit yaitu pembengkakan. Pembengkakan bisa bertambah besar dan bisa juga pecah kapan saja. Hal semacam inilah yang menjadi salah satu penyebab jerawat batu terasa sangat perih, yang akan menimbulkan bekas jerawat bopeng besar dan juga menyebabkan noda hitam pada kulit.

3. Kurang menjaga kebersihan wajah

Hal yang paling mudah untuk mencegah jerawat adalah dengan rajin mencuci muka. Memang kondisi pada setiap individu berbeda-beda, ada yang mudah berminyak ada juga yang cenderung memiliki kulit kering.

Bagi anda yang mempunyai wajah berminyak, rajin-rajinlah mencuci muka untuk membantu menghilangkan minyak diwajah yang akan menjadi penyebab munculnya jerawat. Dengan mencuci muka juga membantu menghilangkan kotoran, debu dan juga sel kulit mati yang menempel pada wajah. Sehingga akan membuat wajah terlihat segar dan bebas dari jerawat.

4. Alergi makanan tertenntu

Pernahkah mendengar apabila terlalu banyak makan kacang-kacangan akan menyebabkan munculnya jerawat. Hal semacam ini mungkin saja terjadi pada sebagian orang, tetapi tidak semua. Jadi apabila anda alergi dengan makanan yang satu ini, maka kurangilah dalam mengkonsumsi kacang walaupun agar tidak muncul jerawat diwajah anda.

5. Makanan berlemak

Banyak yang membuktikan bahwa ketika seseorang terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, dapat menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu, kurangilah makanan berlemak secara berlebihan.

6. Stress

Orang-orang yang terlalu banyak pikiran dalam perkejaan atau masalah hidup, akan mudah sekali untuk memiliki jerawat. Selain jerawat, kondisi stres juga mengakibatkan penuaan dini. Maka, tenangkan diri anda dengan berfikiran yang positif.

Jenis-jenis jerawat yang sering muncul, diantaranya adalah :

1. Jerawat pasir

Jenis jerawat pasir ini merupakan hal yang paling sering kita temui. Jenis jerawat pasir memiliki bentuk kecil-kecil, namun pada umumnya banyak bermunculan.

2. Jerawat batu

Berbeda dengan jerawat pasir memiliki bentuk kecil-kecil, jerawat batu ini berukuran besar. Harus sangat berhati-hati apabila anda ingin mengatasi jerawat batu. Karena tidak sembarangan cara menghilangkan jerawat bisa anda lakukan sendiri. Apabila salah, maka jerawat akan semakin parah. Apalagi ketika memencet secar paksa, rasa sakitnya 10x lebih sakit dibandingkan dengan memencet jerawat pasir.

3. Jerawat radang

Jerawat radang merupakan keadaan kantung folikel yang terdapat pada dermis kulit terisi oleh lemak padat. Akibatnya dermis mengembung dan pecah, sehingga mengakibatkan darah putih akan menyerang folikel sebasea dan terjadilah peradangan kulit.

Sel darah putih sering diartikan sebagai pihak keamanan yang menyerang benda-benda asing seperti bakteri yang masuk dalam tubuh. Jerawat radang akan terasa sakit apabila disentuh. Apalagi ketika menggunakan cara cepat menghilangkan jerawat yang anda lakukan dengan memencet keluar secara paksa. Mata jerawat yang biasanya berupa nanah akan terasa perih. Apalagi saat kondisi tangan tidak bersih, akan menyebabkan peradangan yang lebih parah dan menyebarkan jerawat kedaerah sekitarnya.

4. Komedo

Tahukah anda bahwa komedo pada dasarnya juga termasuk salah satu jenis jerawat. Namun, komedo ini tidak mengalami peradangan. Komedo hanyalah menyumbat pori-pori kulit. Komedo dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Komedo hitam, yang memiliki warna kepala hitam,letaknya biasanya diatas permukaan hidung
  • Komedo putih, yang berwarna putih, letaknya pada bagian bawah hidung yaitu dilekukan antara hidung dan pipi.

Baca Juga: Cara Mengobati Jerawat Secara Alami

Jerawat kapan saja akan muncul pada bagian wajah, punggung, ataupun leher. Oleh karena itu, ketahuilah apa itu jerawat? penyebab dan jenisnya, sehingga anda tahu cara mencegah jerawat dan juga cara menghilangkan jerawat dengan benar.

2 Comments
  1. […] Baca Juga: Apa itu Jerawat dan Penyebab Jerawat […]

  2. […] Baca Juga: Penyebab Terjadinya Jerawat […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.