Apa Sih Penyebab Kulit Wajah Berminyak?

Muka berminyak adalah sesuatu yang pernah dialami oleh semua jenis kulit, terutama saat cuaca sedang panas atau karena seharian beraktifitas dan memang disebabkan seseorang belum mandi. Namun, berbeda dengan yang dialami oleh jenis kulit berminyak karena cenderung sering hadir di berbagai kesempatan, bahkan pada saat cuaca dingin sekalipun.

Sebenarnya, minyak pada wajah dapat dipercaya membuat kulit lebih halus, lembut dan tidak mudah keriput. Namun, minyak yang berlebih akan menimbulkan jerawat. Kira-kira mengapa kulit wajah bisa berminyak? Berikut adalah penyebab muka berminyak dan cara mengatasinya.

Penyebab Kulit Wajah Berminyak

1. Mempunyai Kelenjar Minyak yang Aktif

Seseorang yang memiliki kulit jenis berminyak, memiliki kelenjar minyak alami yang sering muncul diberbagai kesempatan. Kelenjar tersebut aktif memproduksi minyak alami dalam jumlah yang banyak dibanding jenis kulit lainnya.

2. Gemar Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Seseorang yang gemar dan menyukai makanan yang memiliki kandungan lemak dan jenis gorengan atau yang dipanggang dan dibakar, maka wajah akan mengeluarkan minyak yang cukup tinggi. Apa yang Anda konsumsi adalah mengisyaratkan seberapa banyak kadar minyak yang terdampar di wajah.

3. Perubahan Hormon yang Tidak Stabil

Pada masa menstruasi, wanita lebih cenderung memiliki hormon yang tidak stabil dan kondisi seperti ini dapat mempengaruhi jumlah minyak diwajah. Perubahan hormon pada masa haid lebih membuat wanita mudah stres dan tidak mampu mengendalikan emosinya, keadaan seperti ini juga dapat meningkatkan jumlah minyak alami yang ada dibawah kulit untuk muncul sesaat setelah mengalami tekanan pikiran dan rasa gelisah yang besar (stres).

4. Pemilihan dan Pemakaian Kosmetik yang Tidak Tepat

Saat menggunkan make-up ataupun pelembab yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Maka hal tersebut akan mempengaruhi kestabilan minyak alami yang ada dibawah kulit. Make-up yang tidak cocok dapat merusak jaringan terdalam kulit serta meningkatkan produksi minyak menjadi tidak terkendali dengan stabil. Hal ini berlaku pada semua jenis kulit seseorang.

5. Faktor Keturunan (Genetik)

Kulit jenis berminyak bisa diakibatkan oleh faktor genetik yang diturunkann dari kedua orangtuanya atau salah satu dari mereka. Faktor genetik menyediakan minyak alami yang terdapat dibawah jaringan kulit dan membuat tampilan seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak akan nampak selalu awet muda sampai usia hingga diatas 50 tahunan.

6. Suhu Cuaca yang Terlalu Tinggi

Suhu cuaca yang terlalu tinggi dapat membuat tubuh mudah lelah dan sering terserang dehidrasi. Cuaca dengan intensitas pencahayaan matahari yang begitu kuat dapat mempengaruhi kondisi minyak alami yang ada dipermukaan kulit. Wajah akan selalu terlihat berminyak dan disarankan untuk membawa tisu serap yang diformulasikan untuk penyerapan minyak berlebih.

7. Malas Membersihkan Muka

Banyak yang tidak memahami bahwa sangat penting untuk wajah agar tetap bersih dari noda ataupun make-up sebelum tidur malam. Saat wajah dihinggapi kotoran, minyak dan debu akan memicu berkumpulnya bakteri didalam pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat serta flek hitam. Malas untuk membersihkan wajah adalah awal munculnya jerawat, gatal-gatal dan flek hitam serta mempercepat munculnya kerutan halus disekitar bawah mata dan mulut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Itukah beberapa penyebab muka berminyak dan cara mengatasinya. Bagi anda yang sedang mengalami hal tersebut, bisa gunakan masker alami yang sudah saya share kepada anda semua. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

2 Comments
  1. […] Baca Juga: Penyebab Kulit Wajah Berminyak […]

  2. […] Baca Juga: Penyebab Kulit Berminyak […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.