Benarkah Meminum Minuman Beralkohol Dapat Menyebabkan Jerawat ?

Jerawat bisa muncul pada kulit siapa saja, baik itu pria atau pun wanita. Tapi tahukah kamu, apa saja yang menjadi penyebab jerawat tumbuh subur diwajah seseorang? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai alkohol dan keterkaitannya dengan jerawat. Apa benar alkohol dapat memicu pertumbuhan jerawat? Ataukah hal ini hanya sekedar mitos semata?

Benarkah Meminum Minuman Beralkohol Dapat Menyebabkan Jerawat ?

Perlu kita ketahui bersama, munculnya jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor, dan salah satunya adalah disebabkan bakteri atau kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Namun tidak sampai di situ saja, ada banyak gaya hidup sehari-hari yang juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat itu sendiri. Salah satunya adalah kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Dilansir dari halaman healthline.com, “saat ini belum ada penelitian yang menemukan secara pasti kaitan antara konsumsi minuman beralkohol dengan penyebab munculnya jerawat. Namun yang pasti adalah mengkonsumsi minuman beralkohol dapat mengakibatkan turunnya sistem kekebalan tubuh. Sedangkan munculnya jerawat, sangat erat kaitan nya dengan hormon dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Berikut dibawah ini penjelasan mengenai benarkah minuman beralkohol dapat menyebabkan jerawat?

1. Konsumsi Minuman Beralkohol Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kita miliki, akan melindungi kita dari infeksi virus dan bakteri. Dan salah satu komponen utama dalam sistem imun kita adalah sitokin. Sitokin ini merupakan protein yang dihasilkan sel pelindung yang akan membuat kita tetap terhindar dari penyakit atau peradangan.

Sedangkan mengkonsumsi minuman beralkohol akan menghancurkan sitokin yang ada di dalam tubuh kita, dan tentunya hal ini akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh kita menjadi melemah dan Rentan terkena infeksi. Melemahnya sistem kekebalan tubuh akan membuat bakteri lebih mudah untuk berkembang biak. Sehingga, apabila jumlah bakteri semakin banyak, kulit pun akan semakin rentan dengan kemunculan jerawat..

2. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol Dapat Mempengaruhi Hormon

Mengkonsumsi minuman beralkohol akan meningkatkan kadar hormon estradiol didalam tubuh. Dimana hormon estradiol ini adalah salah satu bentuk hormon estrogen yang dapat memicu produksi kelenjar minyak dibalik kulit.

Maka apabila produksi kelenjar minyak melebihi dari apa yang dibutuhkan, hal ini akan mengakibatkan penyumbatan pori-pori dan menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat diwajah.

3. Alkohol Menyebabkan Kulit Menjadi Kering

Konsumsi minuman beralkohol terbukti meningkatkan produksi air seni/ urin kita. Dan produksi urin berlebih inilah yang nantinya akan menjadi penyebab seseorang mengalami dehidrasi. Dan ketika seseorang telah mengalami dehidrasi, tubuh akan menjadi kehilangan tenaga, dan kulit pun akan menjadi lebih kering.

Tahukah kamu? Salah satu penyebab meningkatnya produksi minyak di kulit adalah disebabkan kulit yang kering. Dan saat kulit kita kering dan berminyak, itu sudah cukup menjadi alasan sebagai pemicu munculnya jerawat diwajah kita.

4. Alkohol Dapat Mengganggu Fungsi Hati

Salah satu organ paling penting didalam tubuh manusia adalah hati. Dimana organ ini berfungsi untuk menghilangkan racun, mengatur jumlah hormon dan menjaga agar kadar gula didalam darah kita tetap seimbang.

Tahukah kamu? seluruh kinerja organ hati di atas, akan terganggu saat kita mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab minuman beralkohol memiliki sifat hepatotoksik yang akan merusak sel sel atau jaringan hat, sehingga organ hati tidak berfungsi dengan baik, racun pun akan bertumpuk di dalam tubuh hingga akhirnya menjalar memasuki jaringan kulit. Dan inilah yang akan menjadi pemicu munculnya jerawat.

Itulah pembahasan singkat dari kita mengenai “benarkah meminum minuman beralkohol dapat menyebabkan jerawat?” Baiklah, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.