5 Hal Penting Cara Memilih Make Up Untuk Pemula

Perkembangan zaman dan gaya hidup telah banyak merubah pandangan manusia terhadap hal hal mendasar yang dulunya dipandang sebagai suatu hal yang tidak terlalu penting, namun menjadi teramat penting untuk saat ini. Salah satunya adalah penampilan. Kita tidak mengatakan bahwa dahulu penampilan bukanlah hal yang penting, namun kita dapat melihat, betapa tergila gilanya individu sekarang, dalam memperhatikan dan merawat penampilannya agar terlihat maksimal dan sempurna tanpa celah (meski tak ada manusia yang sempurna).

Tentu bukan rahasia lagi, betapa banyak orang, khususnya perempuan yang menghabiskan uang jutaan rupiah hanya untuk membeli seperangkat kebutuhan perawatann kecantikannya. Namun sayang, betapa pun keras usaha sebagian orang untuk mempercantik dirinya tidak mengubah apa apa pada dirinya melainkan kantong kempes dan kecantikkan tidak terpancarkan. Mengapa? Jawabanny adalah kesalahan dalam memilih make up dan perawatan. Untuk menghindari hal tersebut, berikut di bawah ini telah kami rangkum 5 poin penting yang harus kamu perhatikan saat memilih make up atau perawatan kecantikanmu. Simak selengkapnya di bawah ini.

Hal Penting Yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memilih Make Up

1. Kenali Jenis Kulit Kita

Kita tidak mungkin memberi susu pembentuk otot pada balita yang masih rentan dalam hal pencernaan. Begitu pula kulit kita, setiap orang memiliki karakteristik dan sifat kulit masing masing yang berbeda satu sama lain. Sebagian orang memiliki jenis kulit kering, namun sebagian lainnya memiliki jenis kulit yang berminyak. Tidak semua jenis make up bisa diterima begitu saja oleh kulit kita.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, produksi make up telah menyesuaikan dengan tipe tipe kulit tertentu, sehingga kita dapat memilih jenis make up yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Nah, dengan mengenal jenis kulit terlebih dahulu, hal ini tentunya akan membantu kita untuk mendapatkan hasil rias yang jauh lebih sempurna dibandingkan saat kita memilih make up tanpa mengenal jenis kulit terlebih dahulu.

2. Teliti Bahan Make Up Yang Akan Kita Beli

Setelah mengenali jenis kulit, kita masuk dalam tahap memilih jenis make. Pada tahapan ini, yang paling mendasar dan harus kita perhatikan adalah bahan / kandungan yang membentuk produk make yang akan kita pilih. Poin kedua ini sangat erat kaitannya dengan poin pertama diatas. Lihat kandungan bahan dalam komestik yang akan kita pilih, apakah mengandung bahan yang terlarang untuk kondisi kulit kita, ataukah tidak?

Sebagai contoh adalah saat kita memilih skincare, apabila kita memiliki jenis kulit kering, maka pilihlah produk skincare yang minim akan kandungan alkohol. Karena semakin tinggi kandungan alkohol di dalam sebuah produk kecantikan (dalam hal ini skincare), hal ini akan semakin memicu kulit kita untuk menjadi lebih kering.

3. Memilih Warna Make Up Yang Tepat

Dalam tahapan ini, kita lebih fokus pada penyelarasan antara warna kulit dengan warna make up yang akan kita pilih. Carilah warna make up atau kosmetik yang selaras dengan warna kulit kita, agar tidak bertabrakan dengan warna kulit dan menghasilkan kontras warna yang jauh lebih alami.

Bila ingin mengetahui apakah warna make up tersebut cocok dengan warna kulit yang kita miliki, kita dapat mengujinya dengan menggunakan produk tester yang biasanya telah disediakan oleh pihak penjaga toko. Oleskan produk tersebut ke bagian punggung telapak tangan kita, dan lihat hasilnya.

4. Perhatikan Label Produk Yang Kita Pilih

Dalam dunia percetakkan, kita sering mendengar sebuah kata bijak “jangan menilai sebuah buku dari sampulnya”. Mungkin pepatah atau kata bijak tersebut cukup cocok diterapkan pada saat kita membeli sebuah buku. Tapi hal tersebut sepertinya kurang cocok jika diterapkan saat kita membeli sebuah produk make up atau kosmetik. Sebab salah satu hal mendasar yang wajib diketahui saat membeli sebuah produk make up adalah dengan melihat kemasan terlebih dahulu. Sangat dianjurkan bagi kita untuk memilih produk kecantikan yang telah memiliki label organic atau natural.

Produk yang telah memiliki label organik, umumnya dapat ditandai dengan adanya logo Soil Association Organic. Logo ini menjelaskan bahwa bahan yang terkandung didalam sebuah produk dengan logo Soil Association Organic, terbukti dibuat dari bahan bahan alami, tidak mengadung bahan kimia berbahaya, tidak di tes pada hewan, tidak mengandung pewangi buatan, dan kandungan kandungan lainnya yang tidak baik untuk kecantikan.

5. Perhatikan Budget Kita

Poin kelima ini adalah yang paling penting. Mau tidak mau saat kita ingin membeli sebuah produk kecantikan, menyesuaikan dengan budget atau anggaran adalah yang paling utama. Jangan memaksakan diri untuk tampil cantik, namun mengabaikan hal hal primer lainnya seperti: Makanan pokok, tempat tinggal yang layak, alat transportasi dan semisalnya. Pilihlah produk kecantikan yang tidak terlalu mahal. Karena pada dasarnya, harga produk make up di pasaran cukup bervariasi dan bertingkat tingkat. Kita dapat menyesuaikan harga tersebut dengan dana yang kita miliki.

Sehat dan cantik itu penting, terlebih lagi bagi wanita. Namun jangan sampai, kuatnya keinginan kita untuk tampil cantik di mata manusia, membuat kita lupa mempercantik diri dihadapan sang pencipta. Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan menjawab permasalahan para ladies. Terima kasih dan sampai jumpa!

Read More: Kombinasi Jenis Make Up

Leave A Reply

Your email address will not be published.