8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Bagi sebagia orang terutama wanita, memiliki tanda bekas jerawat dapat menurunkan percaya diri mereka karena dapat mengganggu penampilan, seperti noda hitam, merah, dan iritasi kulit.

Kulit wajah termasuk bagian kulit yang lebih sensitif dibandingkan bagian kulit yang lainnya, sehingga tak jarang beberapa orang yang ingin menghilangkan bekas jerawat cenderung selektif untuk memilih obat yang digunakan baik obat yang ditelan maupun krim yang digunakan, karena apabila tidak cocok malah akan memperparah kondisi jerawatnya.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas secara singkat cara menghilangkan bekas jerawat secara alami menggunakan bahan yang mudah kita temukan sehari-hari

8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara alami

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Gel lidah buaya yang segar merupakan sumber vitamin yang ampuh untuk pembersihan kotoran kulit, menyembuhkan kulit, dan menghilangkan bekas luka. Sehingga tak jarang lidah buaya hampir digunakan untuk seluruh produk kecantikan.

Lidah buaya dapat digunakan sebagai pelembab alami kulit wajah untuk menghasilkan wajah yang bersih dan lembut. Sehingga penggunannya setiap hari termasuk aman bagi kulit wajah kita. Selain itu, lidah buaya sangat mudah ditanam, dan dapat menjadi tanaman yang kita tanam sendiri di pekarangan rumah.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya cukup muda, yaitu cukup dengan memeras gel atua mengoleskan langsung gel ke kulit wajah yang sudah dibersihkan. Selanjutnya di diamkan selama 30 menit, sebelum mencuci wajah kembali.

2. Baking Soda

Baking soda atau soda kue yang biasa digunakan untuk pembuatan makanan dapat juga digunakan dalam kecantikan, karena soda kue terdiri dari kristal natrium bikarbonat yang secara halus dapat mengelupas kulit saat digunakan sebagai scrub pembersih, sehingga cocok digunakan untuk mengobati bekas jerawat.

Penggunaan soda kue dikategorikan terbatas, sehingga tidak bisa digunakan setiap saat untuk kecantikan wajah, berikut cara penggunaannya:

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan soda kue

Campurkan beberapa sendok teh soda kue dengan air secukupnya untuk membentuk pasta kental kemudian pijat ke kulit di mana bekas jerawat. Setelah diterapkan, diamkan selama satu atau dua menit.

Setelah beberapa menit, basuh wajah dengan air hangat dan kemudian oleskan pelembab alami yang baik seperti biji mawar, jojoba, kelapa, atau minyak zaitun. Lakukan ini setiap dua hari sekali untuk hasil yang luar maksimal.

3. Minyak Kelapa

Penggunaan minyak kelapa untuk mengobati bekas jerawat tidak terjadi secara langsung, melainkan pembersihan bakteri penyebab jerawat jerawat yang biasanya bersarang di pori-pori wajah.

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang bersifat anti-mikroba alami terutama bakteri P. Acnes yang menjadi penyebab jerawat di wajah. Selain itu minyak kelapa juga dapat membantu kelembapan kulit wajah sehingga kulit wajah lebih halus dan segar.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak kelapa

Siapkan seperempat sendok teh minyak kelapa murni organik dan bersih kemudian oleskan ke telapak tangan. Selanjutnya oleskan ke bagian bekas jerawat dan dengan ujung jari kalian, pijatkan minyak langsung ke kulit yang terluka dan biarkan meresap.

Tidak perlu mencuci minyak kelapa di wajah karena vitamin dan asam lemak esensial akan terus bekerja dan meningkatkan kesehatan kulit selama kita memakainya. Namun, jika minyak tersebut terlalu mengganggu kenyamanan Anda, biarkan selama setidaknya tiga puluh menit sebelum dihilangkan dengan pembersih atau air biasa.

4. Mentimun

Mentimun merupakan bahan populer dalam perawatan wajah yang sangat berkhasiat. Sayuran ini tidak hanya untuk bahan makanan, namun mentimun juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang semuanya bagus untuk kulit kita.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan mentimun

Cara menghilangkan bekas jerawat hanya menggunakan mentimun segar, kemudian potong beberapa irisan tipis, dan letakkan di atas kulit yang terdapat bekas jerawat. Setelah sekitar tiga puluh menit, buang irisan mentimun dan bilas wajah kalian dengan air dingin. Ulangi setiap hari sesuai keinginan.

5. Madu

Madu menjadi bahan herbal penyembuh hampir berbagai penyakit. Dalam dunia kecantikan, madu dipercaya sebagai pelembab alami paling berkhasiat, sehingga tidak jarang madu selalu digunakan dalam hampir setiap produk kosmetik.

Madu yang bisa digunakan untuk perawatan kulit haruslah madu murni, bukan madu campuran pemanis atau gula.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu

Penggunaan madu untuk menghilangkan bekas jerawat, dapat dilakukan dengan langsung mengoleskan madu murni ke bagian jerawat atau dapat juga dengan mencampurkan sekitar satu sendok teh kayu manis bubuk per dua sendok makan madu untuk menambah kekuatan pembersihan pori. Gunakan perawatan ini sesering dan selama yang kita suka.

6. Lemon

Lemon termasuk buah asam yang mengandung senyawa asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, meningkatkan penyembuhan, dan merevitalisasi kulit.

Penggunaan buah ini termasuk kategori terbatas, sehingga dalam penggunananya harus dicampur dengan bahan lain, dan tidak bisa digunakan terus-menerus.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan memeras air lemon, kemudian dicampur dengan air hangat, apabila kulit wajah sangat sensitif bisa dicampur dengan minyak zaitun atau lidah buaya, yang selanjutnya di oleskan pada bagian kulit yang terkena jerawat, dan biarkan hingga kering selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Perlu diingat bahwa air lemon akan membuat kulit lebih sensitif terhadap radiasi UV, jadi sebaiknya hindari sinar matahari langsung untuk sementara waktu setelah menggunakan perawatan ini. Penggunaan cara ini dapat dilakukan setiap 3 hari sekali

7. Kentang

Kentang memiliki kandungan vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C yang bermanfaat untuk menghambat proses penuaan dini pada kulit, sehingga penggunaan kentang bisa digunakan untuk mencegah keriput di wajah.

Selain itu pada kentang mentah terdapat enzim pigmentasi yang apabila digunakan pada kulit wajah bekas jerawat, dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat, sehingga bagus untuk digunakan untuk menyamarkan luka atau noda bekas jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan kentang

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan kentang, cukup mudah, yaitu dengan memotong kentang segar dan matang menjadi lembaran tipis, lalu mengoleskan dan menggosokkan getah kentang ke bagian wajah yang terkena jerawat. kemudian diamkan hingga mengering selama 15 menit. Setelah mengering basuh wajah dengan air bersih. Penggunaan kentang ini dapat dilakukan setiap hari.

8. Vitamin E

Cara menghilangkan bekas jerawat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan vitamin E. Bagi sebagian orang mungkin bingung kenapa harus menggunakan Vitamin E. Tahukan kamu? vitamin ini menjadi primadona di dunia kecantikan karena kemampuannya utuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Apabila terjadi regenerasi sel kulit baru, maka kulit pun akan tampak lebih kencang dan segar. Sehingga apabila kita datang ke apotek kecantikan, pasti ada produk Vitamin E, ya produk berbentuk kapsul atau tablet, yang isinya hanya vitamin E saja baik murni maupun sitetis. Salah satu contoh merk nya Nature E.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan vitamin E

Penggunaan Vitamin E sebagai produk kecantikan untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru, dapat dilakukan secara oral yaitu meminum kapsul/tablet atau dioleskan langsung cairan vitamin E tersebut pada kulit yang terdapat bekas jerawat.

Kapsul vitamin E, dapat dibuka kemudian oleskan cairannya ke bagian kulit yang mengalami jerawat. Penggunananya dapat digunakan scara langsung atau dicampur dengan pelembab. Setelah dioleskan diamkan selama 15 menit agar vitamin E diserap kulit wajah, sehingga dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan wajah akan tampak lebih segar.

Baca Juga: Cara mengobati jerawat

Sekian penjelasan kita kali ini, tentang bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat. Perlu diketahui proses menghilangkan jerawat sangat bergantung pada kondisi kulitnya, apakah sudah membekas noda parah atau tidak, karena dapat menentukan lamanya proses pengobatan untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut.

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.