14 Cara Mengobati Jerawat Secara Alami Dan Cepat

Jerawat adalah masalah kulit paling umum yang dihadapi oleh mayoritas kaum remaja. Namun, tidak sedikit juga orang dewasa yang mengalami masalah yang satu ini. Banyak yang bilang kalau sakitnya sih tidak seberapa, tapi malunya itu buat kita jadi tidak percaya diri. Jerawat di wajah merupakan penyakit yang harus diatasi secara khusus, karena wajah merupakan bagian kulit paling sensitif dibandingkan kulit lainnya. Sehingga diperlukan cara mengobati jerawat secara alami maupun dengan obat-obatan tertentu agar dapat menghilangkan jerawat di wajah.

Sebenarnya jerawat bukanlah masalah besar jika kita menanganinya dengan sigap. Namun yang jadi masalah, kita sering mengabaikan kebersihan dan membiarkan jerawat bertambah parah hingga jadi jerawat meradang, baru mulai untuk mengobatinya. Ditambah lagi, minimnya wawasan masyarakat kita mengenai jenis jenis kulit dan perawatan yang tepat untuk mengobati jerawat.

Ada banyak cara mengobati jerawat yang bisa kita lakukan baik dengan obat-obatan tetentu maupun mengobati jerawat secara alami. Khusus untuk obat-obatan harus dipastikan cocok dengan kulit wajah kita masing-masing agar tidak memperparah kondisi jerawat. Pada artikel ini kita akan bahas cara mengobati jerawat secara alami menggunakan tanaman herbal yang biasa kita temukan sehari-hari.

Baca Juga: Apa itu Jerawat dan Penyebab Jerawat

14 Cara Mengobati Jerawat Secara Alami dan Cepat

1. Mengobati Jerawat Dengan Lidah Buaya

Aloe vera atau yang biasa dikenal dengan sebutan lidah buaya adalah tanaman tropis yang biasa diracik menjadi ramuan penyubur rambut. Namun tahukah kamu? Bahwa lidah buaya ternyata juga terbukti efektif melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaatnya yang begitu banyak, membuat tanaman ini sangat popular khususnya dalam mengobati berbagai masalah kulit seperti: soriasis, ruam luka bakar, dan jerawat.

Berdasarkan penelitian kandungan lidah buaya, di dalam lidah buaya terkandung asam salisilat, urea nitrogen, lupeol, asam cinnamonic, fenol dan belerang, di mana semua unsur ini merupakan bahan aktif yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Lidah Buaya

Cara mengobati jerawat dengan lidah buaya

Ada Berbagai macam cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati jerawat, berikut diantaranya:

Cara 1: Menggunakan lidah buaya segar
  1. Basuh muka dengan air bersih, dan pastikan tidak dalam kedaan berkeringat.
  2. Kupas kulit lidah buaya agar tersisa bagian dalamnya saja yang berbentuk gel.
  3. Oleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang terinfeksi jerawat.
  4. Lakukan setidaknya 2x sehari di pagi dan malam hari sebelum tidur selama 1 minggu untuk membantu menghilangkan masalah jerawat.
Cara 2: Menggunakan masker lidah buaya
  1. Kupas kulit lidah buaya kemudian rebus dalam air hangat selama 1 menit.
  2. Tiriskan gel dan tumbuk perlahan agar halus merata.
  3. Campurkan gel halus tersebut dengan madu.
  4. Cuci wajah dengan air bersih, dan oleskan campuran gel tersebut ke wajah sebagai masker dan usapkan secara lembut.
  5. Biarkan selama 20 menit selanjutnya bersihkan dengan air dingin.
  6. Lakukan penggunaan masker ini secara teratur sebelum tidur untuk membantu menghilangkan masalah jerawat.

2. Mengobati Jerawat Dengan Teh Hijau

Terapi teh hijau yang kita maksud disini adalah dengan cara mengoleskan teh hijau, ke permukaan kulit yang mengalami peradangan karena jerawat. Teh hijau adalah tanaman yang kaya akan anti-oksidan dan terbukti ampuh meredakan peradangan serta melawan bakteri penyebab jerawat. Mengaplikasikannya pada kulit secara rutin telah terbukti menampakkan hasil yang signifikan untuk mengobati jerawat.

Berdasarkan penelitian kandungan teh hijau atau yang disebut juga green tea, mengandung senyawa kimia flavonoid dan tanin yang dipercaya mampu melawan peradangan, serta bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Cara mengobati jerawat dengan teh hijau

Ada berbagai macam cara menggunakan teh hijau untuk mengobati jerawat, berikut diantaranya:

Cara 1: Menggunakan teh hijau sebagai masker
  1. Keluarkan isi kantung teh hijau dan kumpulkan kedalam mangkuk
  2. Tumbuk teh hijau hingga merata dan campurkan dengan madu
  3. Aduk teh hijau dan madu hingga merata
  4. Bersihkan wajah dengan air bersih dan keringkan wajah dengan handuk bersih
  5. Oleskan ke bagian wajah yang terserang infeksi jerawat dan diamkan selama 10 menit
  6. Bilas wajah dengan air dingin
Cara 2: Menggunakan teh hijau untuk air cuci muka
  1. Celupkan kantung teh hijau kedalam air hangat
  2. Bersihkan wajah dengan air bersih dan keringkan
  3. Basuhkan air tersebut ke wajah secara merata
  4. Pijat secara memutar dan perlahan pada wajah yang terkena infeksi jerawat
  5. Diamkan selama 10 menit.
  6. Lakukan secara rutin setiap hari untuk membantu mengobati jerawat di wajah.

3. Mengobati Jerawat Dengan Minyak Cengkeh

Setelah menggunakan lidah buaya dan teh hijau, di no 3 ini kita punya metode unik yaitu dengan menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati jerawat secara alami. Meski cara ini jarang terdengar, namun metode atau terapi menggunakan minyak cengkeh ini diyakini mampu mengobati masalah kulit seperti jerawat, ataupun peradangan kulit lainnya. Hal ini dikarenakan, senyawa yang terkandung didalam minyak cengkeh memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang mampu berperan aktif melawan bakteri penyebab jerawat diwajah.

Berdasarkan penelitian kandungan minyak cengkeh, pada minyak ini terdapat eugenol yang terbukti mampu menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat dipermukaan kulit, sehingga mampu mengobati jerawat di wajah.

Cara mengobati jerawat dengan minyak cengkeh

Minyak cengkeh sangat ampuh mengobati jerawat namun termasuk kategori herbal yang keras dan tidak semua kulit cocok menggunakannya, sehingga tidak boleh digunakan secara berlebihan dan harus dicampur dengan minyak yang lain, berikut caranya:

  1. Campurkan minyak cengkeh dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:10.
  2. Aduk campuran minyak tersebut hingga merata.
  3. Sebelum digunakan ke wajah, oleskan dulu campuran tersebut ke kulit tangan, untuk melihat cocok atau tidaknya untuk kulit Anda.
  4. Apabila terjadi alergi di kulit tangan Anda, STOP penggunaan minyak cengkeh ini, karena kulit anda tidak cocok.
  5. Apabila minyak cengkeh ini cocok untuk kulit Anda, maka bisa Anda gunakan di wajah Anda setelah membasuh wajah dengan air yang bersih.
  6. Oleskan campuran minyak cengkeh tersebut hanya pada bagian jerawat saja.
  7. Diamkan selama 3 menit.
  8. Basuh wajah dengan air dingin bersih.
  9. Lakukan penggunana minyak cengkeh ini hingga jerawat hilang.
  10. Apabila jerawat sudah hilang, stop penggunaan minyak ini.

4. Mengobati Jerawat Dengan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh merupakan hasil ekstrak dari daun pohon malaleuca alternifolia yang berasal dari Negara Australia. Minyak legendaris ini terkenal akan kemampuannya melawan bakteri dan mengurangi peradangan pada kulit.

Sangking legendarisnya minyak yang satu ini, penduduk Australia telah menggunakan minyak pohon teh dalam 100 tahun terakhir ini. Penggunaan minyak pohon teh terbukti ampuh membunuh bakteri dan virus penyebab masalah kulit seperti, jerawat.

Berdasarkan penelitian kandungan minyak pohon teh, minyak pohon teh ini mengandung senyawa anti bakteri yang dapat membantu melawan bakteri P. Acnes dan S. epidermis, yang merupakan dua jenis bakteri penyebab utama munculnya jerawat.

Cara mengobati jerawat dengan minyak pohon teh

Minyak pohon teh sangat ampuh mengobati jerawat namun termasuk kategori herbal keras, dan tidak semua kulit cocok dengan minyak ini. Dalam penggunaannya harus dicampur dengan madu, berikut cara menggunakannya:

  1. Campurkan minyak pohon teh dengan madu dengan perbandingan 1:5.
  2. Aduk campuran tersebut hingga merata.
  3. Sebelum digunakan ke wajah, oleskan dulu campuran tersebut ke kulit tangan, untuk melihat cocok atau tidaknya untuk kulit Anda.
  4. Apabila terjadi alergi di kulit tangan Anda, STOP penggunaan minyak pohon teh ini, karena kulit anda tidak cocok.
  5. Apabila minyak pohon teh ini cocok untuk kulit Anda, maka bisa Anda gunakan di wajah Anda setelah membasuh wajah dengan air yang bersih.
  6. Oleskan campuran minyak pohon teh tersebut hanya pada bagian jerawat saja.
  7. Diamkan selama 5 menit.
  8. Basuh wajah dengan air dingin bersih.
  9. Lakukan penggunana minyak cengkeh ini hingga jerawat hilang.
  10. Apabila jerawat sudah hilang, stop penggunaan minyak ini.

5. Mengobati Jerawat Dengan Putih Telur

Telur yang biasa kita konsumsi, bisa menjadi alternatif pengobatan jerawat secara alami melalui penggunaan bagian putih telur. Putih telur bersifat lengket sehingga dapat mengangkat sel kulit mati. Dalam penggunaannya, putih telur ini digunakan sebagai masker wajah dan perlu dicampur jeruk nipis atau madu agar tidak bau amis.

Masker putih telur sudah banyak digunakan oleh kaum wanita khususnya wanita korea sebagai pengobata alternatif, karena masker putih telur yang lengket ini dapat mengangkat komedo, debu kotor, mengurangi minyak di wajah, serta mengecilkan pori-pori wajah yang merupakan salah satu penyebab terjadinya jerawat di wajah.

Berdasarkan penelitian Selvan, K. dkk, (2012) tentang kandungna putih telur terhadap jerawat, jerawat pada wajah terjadi karena lingkungan atau kondisi kulit wajah yang kotor salah satunya lubang pori-pori membesar yang terdapat kotoran dan debu yang menjadi tempat tumbuhnya bakteri penyebab jerawat. Salah satu cara mengatasinya dapat menggunakan putih telur karena mengandung enzym lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat

Cara mengobati jerawat dengan putih telur

  1. Pilih telur ayam yang segar untuk memberikan hasil maksimal, cara termudah memilihnya adalah apabila telur utuh tersebut di kocok ringan, tidak terasa gerakan benturan dalam telur.
  2. Pecahkan telur ayam, kemudian pisahkan bagian kuning telur dan putih telur yang akan kita gunakan sebagai masker. Pastikan benar-benar terpisah dari kuning telur, karena kuning telur mengandung zat besi terlalu banyak yang tidak baik untuk kulit wajah, karena rawan dihinggapi bakteri.
  3. Tambahkan jeruk nipis atau lemon pada putih telur, kemudian aduk secara perlahan hingga merata. Pada saat mengaduk jangan terlalu keras dan kencang karena akan membuat putih telur membusa.
  4. Bersihkan wajah dengan air bersih, kemudian keringkan.
  5. Oleskan campuran putih telur yang telah kita siapkan ke kulit wajah secara merata sebagai masker wajah dan jangan sampai terkena bagian mata dan mulut.
  6. Diamkan selama 20 menit, hingga masker putih telur mengeras.
  7. Angkat lapisan masker yang sudah mengering secara perlahan.
  8. Bilas wajah dengan air bersih dan gosok secara perlahan.

Penggunaan putih telur sebagai masker ini termasuk aman bagi seluruh kulit, terutama jenis kulit yang selalu berminyak. Kamu bisa menggunakan masker putih telur ini secara rutin 2 kali dalam seminggu.

6. Mengobati Jerawat Dengan Bawang Putih

Bahan rempah-rempah yang biasa dipakai untuk bumbu dapur ini bisa digunakan untuk mengobati jerawat secara alami. Sifat bawang putih yang mudah menguap menjadi salah satu faktor yang dapat mematikan bakteri sumber penyakit, tidak terkecuali bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes.

Di Indonesia, bawang putih masih dikenal sebagai bahan masakan saja, namun di luar negri bawang putih sudah digunakan sebagai pengobatan alternatif karena sifatnya yang mudah menguap memberikan efek bakteriostatis dan bakterisidal bakteri penyebab penyakit.

Berdasarkan penelitian ekstrak bawang putih, pada getah bawang putih memiliki efek antiprotozoal, antitrikromonal, dan antiradang, yang dapat mematikan bakteri dengan merusak sel sel bakteri sehingga tidak bisa tumbuh dan berkembang biak.

Penggunaan bawang putih pada kulit wajah tidak bisa dilakukan sembarangan, karena pada kulit wajah yang sensitif dapat memberikan sensasi panas, sehingga penggunaan bawah putih untuk mengobati jerawat perlu dibatasi.

Cara mengobati jerawat dengan bawang putih

Cara 1: Menggunakan getah bawang putih utuh

  1. Cuci bersih bawang putih yang akan digunakan sebanyak 1 atau 2 siung.
  2. Cuci wajah dengan air bersih kemudian keringkan dengan handuk bersih.
  3. Potong bawang putih dengan peralatan yang bersih, agar tidak mencemari kulit.
  4. Oleskan secara memutar getah bawang putih ke bagian wajah yang mengalami jerawat dan pijat perlahan-lahan.
  5. Diamkan selama 15 menit, pada beberapa kasus akan merasa dan pada saat terasa perih, maka penggunaannya harus segera dihentikan.
  6. Bersihkan wajah dengan air bersih dan pijat secara perlahan.

Cara 2: Mengobati Jerawat Dengan Alpukat

  1. Siapkan 5 siung utuh bawang putih dan bersihkan dengan air bersih.
  2. Blender bawang putih hingga halus.
  3. Campurkan sedikit air pada bawang putih yang sudah dihaluskan.
  4. Bersihkan wajah dengan air bersih dan keringkan.
  5. Oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan ke bagian wajah yang terkena jerawat.
  6. Diamkan selama 15 menit.
  7. Bersihkan wajah dengan air bersih.

Cara 3: Menggunakan bawah putih dengan lidah buaya

  1. Cuci bawang putih dengan air bersih.
  2. Haluskan bawang putih dengan cara ditumbuk atau di blender hingga merata.
  3. Patahkan batang lidah buaya dan peras Gel nya.
  4. Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan gel lidah buaya.
  5. Oleskan campuran bawang putih dan lidah buaya ke bagian kulit wajah yang mengalami jerawat.
  6. Diamkan selama 15 menit.
  7. Cuci wajah hingga bersih dan pijat secara perlahan.

Cara 4: Mengobati Jerawat Dengan Alpukat

  1. Haluskan bawang putih hingga merata.
  2. Campurkan bawang putih dengna putih telur, dan aduk pelan-pelan.
  3. Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah, sebagai masker wajah.
  4. Diamkan selama 15 menit, agar campuran tersebut mengering.
  5. Caput masker secara perlahan.
  6. Bersihkan wajah dengan air bersih dan keringkan.

Cara 5: Menggunakan bawang putih dengan jeruk nipis

  1. Haluskan bawang putih dengna cara ditumbuk atau di blender hingga halus.
  2. Peras jeruk nipis dan campurkan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan.
  3. Oleskan campuran tersebut pada bagian kulit yang terkena jerawat.
  4. Diamkan selama 15 menit.
  5. Bersihkan wajah dengan air bersih dan pijat secara perlahan.

Penggunaan bawang putih untuk jerawat memang ampuh, namun apabila dalam penggunaannya terasa panas dan perih di kulit wajah, segera hentikan penggunaannya karena hal tersebut pertanda bahwa kulit wajah Anda tidak cocok dengan metode pengobatan jerawat dengan bawah putih ini.

7. Mengobati Jerawat Dengan Mentimun

Kalian pasti pernah melihat foto atau video yang menunjukan wanita yang sedang maskeran wajah memakai mentimun untuk menutupi matanya? Mungkin kita sempat berpikir heran, kenapa menutup mata dengan mentimun dan apa manfaatnya?

Tujuan utama penggunaan mentimun adalah efeknya yang dapat menjaga kelembapan kulit agar tetap segar dan kencang karena berfungsi sebagai pendingin kulit alami. Saat kulit kencang, pori-pori akan mengecil dan mengurangi potensi masuknya kotoran ke pori-pori kulit yang dapat menjadi tempat hidup bakteri di wajah.

Berdasarkan penelitian kandungan mentimun, mentimun memiliki senyawa silika yang sangat berperan penting dalam memperbaiki sel-sel kulit mati akibat jerawat. Selain itu, mentimun kaya akan vitamin E yang sangat berperan pada kesehatan kulit.

Cara mengobati jerawat dengan mentimun

Penggunaan mentimun untuk jerawat adalah sebagai bahan masker wajah, berikut cara cara penggunaannya:

  1. Kupas mentimun dan potong kecil-kecil.
  2. Haluskan potongan mentimun dengan cara di blender.
  3. Campurkan mentimun yang sudah halus dengan madu 2 sendok.
  4. Tambahkan 1 sendor minyak zaitun atau lidah buaya.
  5. Bersihkan wajah dan keringkan.
  6. Oleskan campuran mentimun tersebut pada wajah sebagai masker.
  7. Diamkan selama 20 menit.
  8. Bersihkan wajah dengan air bersih.

Masker mentimun termasuk aman, sehingga sangat bagus digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

8. Mengobati Jerawat Dengan Lemon

Sesuatu yang bersifat asam sangat ampuh untuk melawan bakteri, tak terkecuali lemon. Namun, dalam penggunaan bahan alami yang memiliki sifat asam tidak boleh dilakukan sembarangan, karena tidak semua orang memiliki kulit yang tahan terhadap sifat asam, meskipun itu adalah bahan alami atau buah-buahan.

Penggunaan lemon sebagai sebagai anti jerawat sudah tidak diragukan lagi dengan sifat asamnya untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Oleh, karena itu lemon banyak digunakan sebagai campuran untuk perawatan kulit.

Karena sifatnya yang asam di kisaran pH 2, penggunaan lemon secara langsung pada wajah sangat dilarang, karena pH wajah saat kondisi asam paling rendah di ph 4. Apabila memiliki kulit sensitif, penggunaan lemon dapat menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, penggunaan lemon harus dalam konsentrasi rendah dan dicampur dengan bahan lainnya seperti madu, lidah buaya, atau minyak zaitun.

Berdasarkan penelitian kandungan lemon, air perasan lemon dapat membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan kulit dan menetralisir rasa sakit akibat jerawat sehingga dapat membantu menyembuhkan jerawat. Selain memiliki sifat anti bakteri, lemon mengandung asam sitrat dapat menghilangkan sel mati yang menutup pori-pori, namun pada kulit yang sensitif, asam ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Cara mengobati jerawat dengan lemon

Penggunaan lemon tidak boleh digunakan dalam konsentrasi yang tinggi dan harus dicampur dengan bahan lain, berikut caranya:

  1. Pilih buah lemon yang matang dan segar kemudian peras air nya.
  2. Campurkan air perasan lemon dengan madu, lidah buaya, atau minyak zaitun.
  3. Bersihkan wajah dengan air bersih dan keringkan.
  4. Oleskan campuran lemon tersebut ke bagian kulit wajah yang tumbuh jerawat.
  5. Diamkan selama 15 menit, apabila terasa perih, segera hentikan, karena kulit Anda tidak cocok.
  6. Bersihkan wajah dengan air bersih.

Penggunaan lemon untuk mengobati jerawat sangat ampuh, namun karena sifatnya yang asam, penggunaannya pun sangat terbatas pada semua jenis kulit, dan hanya bisa digunakan sebagai bahan tambahan saja untuk campuran masker jerawat.

9. Mengobati Jerawat Dengan Pepaya

Buah pepaya yang sudah biasa digunakan sebagai makanan untuk memperlancar pencernaan, dapat juga digunakan untuk kecantikan karena mengandung vitamin A, vitamin C, dan potasium, yang bermanfaat untuk membuat kulit lebih cerah dan lembut, serta menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam, serta menghidrasi kulit. Sehingga tidak heran beberapa produk kosmetik menambahkan ekstrak pepaya untuk komposisi bahan kosmetiknya.

Penggunaan buah pepaya sebagai perawatan kulit, sudah lama digunakan, karena mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang menjadi salah satu faktor penyebab jerawat. Serta mengandung enzim papain yang terdapat buah pepaya dapat memberantas bakteri.

Cara mengobati jerawat dengan pepaya

  1. pilih pepaya yang segar dan matang, kemudian kupas dan potong-potong menjadi kecil.
  2. Tumbuk potongan kecil pepaya agar menjadi bubur.
  3. Campurkan pepaya dengan 2 sendok madu, kemudian aduk hingga rata.
  4. Bersihkan wajah dengan air bersih dan keringkan.
  5. Oleskan campuran pepaya pada wajah sebagai masker, bisa di oleskan hingga leher
  6. Diamkan selama 20 menit.
  7. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

Penggunaan pepaya sangat aman, selain itu masker ini dapat juga digunakan tiap hari, untuk membantu mengencangkan kulit wajah.

10. Mengobati Jerawat Dengan Tomat

Makanan yang biasa digunakan sebagai resep penyedap makanan sehari-hari ini dapat juga digunakan untuk kesehatan, apabila kita amati secara umum, tomat memiliki sifat asam, dan hampir semua bahan alami yang memiliki asam bisa memberantas bakteri. Bagusnya pada tomat, tingkat asamnya tidak terlalu tinggi, sehingga aman bagi kulit dan tidak menyebabkan iritasi.

Berdasarkan penelitian, tomat mengandung senyawa likopen yang bersifat sebagai anti oksidan. Fungsi dari anti-oksidan adalah menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit, salah satunya penyakit jerawat. Selain itu, buah tomat membantu merangsang pembentukan produksi kolagen yang berfungsi untuk pembentukan sel kulit baru, dengan demikian, selain memberantas bakteri jerawat, juga membantu penyembuhan jerawat.

Cara mengobati jerawat dengan tomat

  1. Pilih tomat matang dan segar, jangan menggunakan tomat yang masih muda karena terlalu asam untuk kulit.
  2. Kupaskulit tomat dan pisahkan biji-bijinya.
  3. Blender tomat hingga merata.
  4. Bersihkan wajah dan keringkan.
  5. Oleskan tomat yang sudah halus ke bagian wajah sebagai masker dan pijat pelan-pelan.
  6. Diamkan selama 20 menit.
  7. Bersihkan wajah dengan air bersih.

Penggunaan masker tomat dapat menyerap minyak berlebih di wajah, dan wajah akan terasa kering. Oleh karena itu sebaiknya penggunaan masker tomat ini jangan terpapar sinar matahari, dan sebaiknya dilakukan sebelum tidur.

11. Mengobati Jerawat Dengan Kulit Jeruk

Jeruk yang terkenal sebagai iconic makanan mengandung vitamin C, juga dapat digunakan sebagai bahan kecantikan pada bagian kulitnya. Karena kulit jeruk memiliki asam sitrat yang berfungsi sebagai anti bakteri, melalui pengendalian pH asam untuk memberantas bakteri penyebab jerawat.

Kulit jeruk mempunyai vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab jerawat. Selain itu kulit jeruk juga memiliki zat anti-inflamasi atau anti peradangan, yang baik untuk menyembuhkan iritasi kulit wajah akibat jerawat.

Cara mengobati jerawat dengan kulit jeruk

  1. Pilih kulit jeruk yang segar dan matang, kemudian keringkan dibawah sinar matahari.
  2. Tumbuk kulit jeruk yang sudah dikeringkan hingga merata.
  3. Campurkan dengan 1 sendok air hangat dengan 1 sendok bubuk kulit jeruk hingga merata hingga menjadi pasta.
  4. Oleskan campuran kulit jeruk tersebut ke seluruh wajah.
  5. Diamkan selama 20 menit, hingga mengering.
  6. Bersihkan wajah dengan air bersih.

12. Mengobati Jerawat Dengan Kulit Pisang

Kulit pisang yang selalu dibuang, ternyata sangat bermanfaat untuk perawat kulit terutama jerawat dan termasuk cara alami yang ampuh dan sangat mudah untuk dilakukan

Kulit pisang memliki kandungan anti oksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab jerawat dan mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Selain itu kulit pisang juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang menjadi wajah lebih segar dan kencang.

Cara mengobati jerawat dengan kulit pisang

  1. Pilih kulit pisang segar dan matang yang berwarna kuning.
  2. Bersihkan wajah dan keringkan.
  3. Oleskan bagian dalam kulit pisang langsung ke wajah. Apabila kulit pisang sudah berwarna hitam, ganti dengan kulit pisang yang lain.
  4. Lakukan hingga merata dan pihat secara perlahan-lahan.
  5. Diamkan selama 30 menit agar kulit pisang mengering di wajah.
  6. Bilas dengan air bersih dan keringkan, selanjutnya berikan toner wajah agar kulit tidak terlalu kering.

13. Mengobati Jerawat Dengan Yogurt

Penggunaan susu untuk menghaluskan dan memutihkan kulit tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Namun, bagaimana dengan yogurt yang merupakan produk fermentasi susu. Apakah memiliki manfaat yang sama juga untuk kecantikan kulit?

Jawabannya adalah, Iya. Yogurt juga bermanfaat untuk kecantikan kulit untuk memutihkan dan menghaluskan wajah. Selain itu kandungan asam dalam Yogurt termasuk alami sehingga baik untuk kulit.

Kandungan asam dalam yogurt berfungsi sebagai anti bakteri untuk memberantas bakteri penyebab jerawat dan mengangkat sel kulit mati. Dalam penggunaan yang rutin, selain memutihkan wajah, yogurt juga dapat menghilangkan noda hitam dan tentunya mengencangkan wajah. Karena efeknya yang ampuh untuk kecantikan, pada beberapa kosmetik menambahkan komposisi yogurt kedalam nya.

Cara mengobati jerawat dengan yogurt

Penggunaan yogurt termasuk cara paling mudah, karena sudah berbentuk pasta dan bisa digunakan sebagai masker, berikut caranya:

  1. Pastikan gunakan yogurt tawar, tanpa pemanis buatan atau rasa tambahan, serta tidak dingin.
  2. Yogurt bisa ditambahkan madu atau air lemon atau lidah buaya untuk hasil yang lebih maksimal dengan perbandingan 1:1.
  3. Bersihkan wajah dan keringkan.
  4. Oleskan campuran pasta yogurt pada wajah secara merata dan pijat perlahan.
  5. Diamkan selama 20 menit hingga masker mengering.
  6. Bersihkan wajah hingga bersih.

14. Mengobati Jerawat Dengan Alpukat

Buah alpukat sudah terkenal penggunaannya sebagai kecantikan dengan sebutan ekstrak avocado. Hal itu karena alpukat memiliki senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, dan tanin yang merupakan zat anti bakteri dengan cara merusak membran sel bakteri sehingga tidak dapat tumbuh kembang dengan baik, salah satunya bakteri penyebab jerawat.

Selain menghambat pertumbuhan bakteri, penggunaan alpukat pada kulit juga dapat membantu mengencangkan dan menghaluskan kulit wajah.

Cara mengobati jerawat dengan alpukat

  1. Pilih alpukat segar dan matang dan kupas kulitnya.
  2. Tumbuk alpukat hingga halus, dan campurkan hingga merata dengan tomat dengan perbandingan 1:1.
  3. Oleskan ke wajah yang sudah bersih dan kering.
  4. Diamkan selama 15 menit, dan pijat perlahan.
  5. Bersihkan dan bilas dengan air bersih.

Demikian pembahasan cara mengobati jerawat secara alami dan cepat yang dapat kita coba langsung. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan isi komentar.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Jangan lupa Share artikel cara menghilangkan jerawat ini ke teman, saudara, dan keluarga Anda agar dapat berbagi informasi cara alami mengobati jerawat ini.

3 Comments
  1. […] Baca Juga: Cara Mengobati Jerawat Secara Alami […]

  2. […] Baca Juga: Cara mengobati jerawat […]

  3. Eliseo Frederic says

    At the core of your soul you have all the answers; you know your divinity and you comprehend what you want.

Leave A Reply

Your email address will not be published.