7 Cara Meninggikan Badan Secara Alami Dan Cepat

Tinggi badan manusia akan bertumbuh pesat selama masa puber dan berhenti sekitar usia 16-18 tahun. Apakah anda sudah puas dengan tinggi badan saat ini? Dengan meninggikan badan di usia dewasa adalah hal yang mustahil. Genetik atau keturunan adalah faktor utama yang menentukan tinggi badan seseorang.

Coba lihat postur tubuh ayah dan ibu masing-masing. Apabila kedua belah pihak sama-sama tinggi, maka besar kemungkinan anda akan mempunyai tinggi badan semampai. Sebaliknya apabila hanya salah satu pihak yang tinggi sementara satunya pendek, perawakan anda akan ditentukan oleh gen mana yang lebih kuat.

Faktor lainnya yang bisa ikut menentukan tinggi badan salah satunya adalah kecukupan nutrisi penting dan aktivitas fisik selama masa tumbuh kembang sampai pubertas berakhir.

Banyak beranggapan bahwa cara meninggikan badan saat usia dewasa hanya bisa dilakukan menggunakan obat atau alat-alat tertentu yang dijual di pasaran. Namun ternyata banyak cara meninggikan badan yang alami walaupun usia sudah dewasa. Simak caranya sebagai berikut:

7 Cara Meninggikan Badan Secara Alami dan Cepat

1. Makan makanan bergizi

Tulang yang semakin rapuh di usia dewasa dapat membuat perawakan tubuh tampak lebih bungkuk dan pendek. Hal ini dikarenakan tulang sudah tidak kuat untuk menahan beban badan yang terus bertambah. Makanan sumber protein, vitamin D dan juga kalsium adalah pilihan terbaik untuk menjaga tulang tetap kuat.

Seperti halnya susu sapi. Selain memiliki tinggi kalsium dan protein, susu juga mengandung hormon pertumbuhan insulin-like growth factor-1 (IGF-1) yang penting untuk mendukung pertumbuhan panjang tulang anda.

2. Tidur cukup

Dilansir dari Healthline, tidur yang cukup setiap malam bisa menjadi cara untuk meninggikan badan secara tidak langsung. Selama tidur malam, tubuh akan melepaskan yang namanya hormon pertumbuhan manusia (HGH). Produksi hormon ini akan berkurang apabila amda memiliki hobi begadang atau kurang tidur. Orang dewasa rata-rata disarankan untuk cukup tidur selama 7-8 jam setiap malamnya.

3. Perbaiki postur tubuh

Postur tubuh manusia akan memendek saat usianya bertambah tua. Hal ini karena kepadatan tulang yang semakin menurun sehingga rangka tubuh tidak lagi sekuat dulu untuk menopang beban. Berbagai macam kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari tanpa sadar juga bisa membuat postur tubuh terlihat pendek. Seperti halnya duduk, berdiri dan berjalan membungkuk.

Oleh karena itu, perbaikilah postur tubuh agar tulang bekalang menjadi lebih selaras sehingga perawakan tampak lebih tinggi semampai. Membetulkan postur tubuh juga bisa mencegah terhindar dari sakit kepala dan juga sakit punggung.

Caranya adalah tarik kedua bahu ke belakang tetap tegak dan sejajar. Kemudian kencangkan otot perut ke arah tulang belakang, kepala tetap tegak mengikuti postur bahu, lalu berdiri tegak dengan membuka kaki selebar bahu dan lutut jangan ditekuk saat berdiri. Biarkan bagian lengan menggantung secara alami di samping, bahu jangan sampai menurun.

Sedangkan untuk menyesuaikan postur duduk, anda bisa lakukan beberapa hal berikut:

  • Usahakan pada saat duduk di kursi kantor, kaki menapak rata dipermukaan lantai.
  • Sesuaikan agar paha sejajar dan kaki juga tetap menapak di lantai. Saat duduk, hindarilah menyilangkan kaki.
  • Topang punggung memakai bantal kecil agar tidak membungkuk tanpa disadari.
  • Istirahatkan bahu apabila pegal dengan sandarkan bahu pada sanggahan tempat duduk tersebut.

Sesuaikan agar paha sejajar dan kaki juga tetap menapak di lantai. Saat duduk, hindarilah menyilangkan kaki. Topang punggung memakai bantal kecil agar tidak membungkuk tanpa disadari. Istirahatkan bahu apabila pegal dengan sandarkan bahu pada sanggahan tempat duduk tersebut.

4. Berlatih yoga

Berlatih yoga scara rutin juga bisa menjadi salah satu cara meninggikan badan. Yoga menggerakkan seluruh bagian tubuh sehingga dapat menguatkan otot, meluruskan dan juga membantu postur tubuh tetap tegak. Anda bisa berlatih yoga di rumah ataupun bergabung di pusat kebugaran yoga.

Bagi pemula yang ingin berlatih yoga, sebaiknya mengikuti kelas dengan instruktur terlebih dahulu, agar tidak salah dalam gerakannya.

5. Menguatkan otot-otot tubuh

Anda bisa menguatkan otot tubuh sebagai cara meninggikan badan secara perlahan. Pada bagian otot tengah tubuh yang kuat dapat membantu mempertahankan postur yang baik serta akan terlihat lebih tinggi.

Otot-otot yang harus diperkuat adalah otot-otot di perut dan juga otot di sepanjang tulang belakang. Otot-otot ini yang akan membantu menopang tulang belakang. Apabila otot-otot ini lemah dan tulang belakang tidak didukung dengan benar, mak lambat laun tubuh bisa membungkuk. Kencangkan otot inti tubuh secara rutin dengan melakukan plank, push-up atau crunch.

6. Berenang

Berenang adalah salah satu cara meninggikan badan yang dipercaya sejak zaman dulu dan ternyata memang benar. Saat berenang, tubuh akan bergerak melawan gravitasi dan arus air sehingga melatih kekuatan pada keseluruhan otot tubuh. Berenang dapat membantu memperbaiki dan menjaga postur tubuh tetap tegak sehingga perawakan akan terlihat lebih tinggi.

7. Olahraga

Banyak pemain basket yang memiliki tubuh tinggi di atas rata-rata. Hal ini karena memang benar, dengan bermain basket dan olahraga lainnya yang mengunakan gerakan melompat bisa membuat tubuh lebih tinggi. Saat bermain basket, tubuh akan banyak berlari dan juga loncat melawan gaya gravitasi sehingga otot badan belakang serta tulang belakang teregang secara maksimal.

Baca Juga: Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tinggi Badan

Itulah beberapa cara meninggikan badan dengan cepat. Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh tinggi, coba lakukan beberapa cara tersebut. Selain pola makan dan tidur yang teratur juga harus diimbangi dengan olahraga agar tubuh lebih terlihat tinggi.

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Cara Meninggikan Badan Secara Alami […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.