4 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dari Berbagai Penyakit

Di era modern saat ini, tidak sedikit masyarakat yang acuh tak acuh dengan masalah kesehatan. Padahal menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit adalah hal yang paling penting. Pada beberapa kota besar di Indonesia kesadaran masyarakat akan kesehatan juga meningkat pesat, seiring dengan produktifitas dan kegiatannya sehari-hari. Namun, yang akan kita soroti kali ini adalah tentang bagaimana orang orang saat ini, yang mulai meninggalkan pola hidup sehat dikarenakan banyaknya kemudahan fasilitas teknologi terkini yang semakin mendukung pola hidup manusia itu sendiri menjadi tidak sehat.

Pembahasan kali ini bertujuan untuk membangun kembali kesadaran masyarakat yang mulai hilang, akan pentingnya pola hidup sehat dengan 4 faktor penting yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh.

4 Faktor Penting Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga Kesehatan berawal dari lingkungan yang bersih. Karena lingkungan yang bersih akan meminimalisir tumbuh berkembangnya bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Sebuah laporan riset dari WHO telah membuktikan bahwa 1 dari 4 kematian yang dialami anak dibawah umur 5 tahun disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat (kotor). Dan kategori lingkungan tidak sehat disini mencakup air yang tidak higienis, sanitasi yang buruk, asap rokok, polusi air, dan lingkungan tidak steril yang penuh dengan sampah. Tercatat sekitar 1,7 juta anak-anak meninggal setiap tahunnya, diakibatkan lingkungan yang kotor dan penuh bakteri.Memperhatikan Makanan Dan Minuman.

2. Memperhatikan Makanan Dan Minuman

Saat kita berbicara soal kesehatan, pasti tidak akan terlepas dari topik yang namanya makanan dan minuman. Dan perlu kita sadari, jika kita mau sedikit mengkritisi komposisi makanan pokok di Indonesia, kita akan menemukan bahwa makanan pokok yang biasa beredar dinegara kita memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan garam yang tinggi, namun rendah akan kandungan serat dan protein yang penting untuk pertumbuhan jaringan sel didalam tubuh kita.

Setelah mengetahui fakta mengenai komposisi makanan khas masyarakat kita, tidak perlu heran, jika sebuah data menunjukkan bahwa lebih dari 40 juta orang dewasa yang berada di Indonesia mengalami yang namanya obesitas / kegemukkan. Dan dari obesitas inilah, berbagai penyakit seperti kolesterol, serangan jantung, stroke, dan penyakit penyakit lainnya akan mudah menghampiri tubuh kita.Nutrisi harian yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Nutrisi harian yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh

Berdasarkan riset WHO, secara ideal setiap harinya tubuh kita perlu mendapatkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat fiber, vitamin, mineral, dan anti oksidan. Kandungan tersebut membantu dalam metabolisme tubuh, pertumbuhan sel, dan penangkal radikal bebas, yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

3. Membiasakan Berolahraga

Semua orang pasti sudah tahu, bahwa aktivitas olahraga dapat menyehatkan tubuh dan jiwa yang kita miliki. Tapi meskipun orang orang mengetahui manfaat dari berolahraga, tidak semua orang mau menyempatkan diri untuk sedikit menggerakkan tubuhnya lebih aktif dari biasanya.

Kesadaran inilah yang perlu kita tanamkan didalam diri kita, bahwa kesehatan itu butuh yang namanya perjuangan, kesehatan itu butuh yang namanya pengorbanan, dan kesehatan itu tidak bisa diraih begitu saja. Dengan berolahraga dapat menjaga kesegaran dan kelenturan otot-otot tubuh kita sehingga tubuh kita tetap sehat.

4. Mengelola Emosi Dengan Baik

Setelah semua langkah diatas kita lakukan, langkah terakhir adalah dengan mengelola kondisi emosi kita. Mengendalikan suasana hati dan fikiran akan berpengaruh besar pada kesehatan itu sendiri. Sebagaimana yang dikatakan salah seorang pakar psikologi dari Carnegie Mellon University: “Respon perilaku terhadap stress atau emosi, berpotensi mempengaruhi kesehatan tubuh (seseorang)”

Beberapa ahli juga mengatakan: “Tubuh manusia akan bereaksi terhadap stress dengan cara melepaskan hormone kortisol didalam tubuh untuk melawan hormon norepinefrin dan hormon epinefrin. Dimana cepat atau lambat, masing masing hormon ini akan mempengaruhi kesehatan tubuh, mulai dari gangguan system imun, kesehatan jantung, dan kinerja metabolisme tubuh.

Itulah pembahasan kita seputar 4 faktor penting cara menjaga kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dari hal yang paling mudah, mulailah kebiasaan tersebut sekarang juga, agar tubuh kita selalu sehat dan dapat beraktifitas normal setiap harinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.