5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Rambut Wanita dan Pria

Bagi wanita, rambut merupakan asset paling berharga bagi dirinya setelah wajah (sepertinya, hehe). Oleh karena itu, tidak jarang kita mendengar istilah “rambut adalah mahkota” seorang wanita. Tapi jika kita melihat kondisi sekarang ini, tidak sedikit juga kaum pria yang ikut “memperhatikan” rambut yang ia miliki saat ini. Sebab katanya, ia terlihat tampan karena rambut yang dimilikinya. Sehingga tak jarang baik pria maupun wanita melakukan perawatan terhadap rambutnya agar tetap sehat.

Terlepas dari benar tidaknya rambut adalah mahkota seorang wanita, atau fakta seorang pria terlihat tampan karena rambutnya. Satu hal yang pasti adalah rambut yang kita miliki harus dijaga kesehatannya dan ada kebiasaan buruk yang dapat merusak rambut yang perlu diketahui agar senantiasa menjaga kesehatan rambut kita.

5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Rambut

1. Berlebihan Dalam Berkeramas

Percaya atau tidak, mencuci rambut secara berlebihan (2x sehari) dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan berminyak. Dan tentunya kondisi seperti ini akan mengundang masalah rambut lainnya seperti: kulit kepala gatal, ketombe, dan kehilangan kelembaban alami rambut.

Jika ingin berkeramas, disarankan 1x sehari (ini sudah paling sering). Karena frekuensi keramas yang terlampau tinggi akan menimbulkan masalah rambut seperti yang telah kita sebutkan diatas.

2. Menggunakan Pengering Rambut

Jika kamu sering menggunakan alat pengering rambut, sebaiknya hentikan sekarang juga. Kecuali kamu ingin mengalami kebotakan dini. Tidak percaya? Namun itulah faktanya, penggunaan alat pengering rambut hair dryer dan alat catok akan mempengaruhi kondisi kesehatan rambut secara langsung.

Terlebih lagi, banyak diantara mereka yang menggunakan hair dryer langsung setelah mandi, saat rambut masih basah. Kondisi inilah yang akan semakin meningkatkan resiko kerusakan rambut. Dimana terjadi perubahan suhu secara mendadak pada tiap helai rambut yang kita miliki.

3. Menyisir Rambut Dalam Keadaan Basah

Banyak yang tidak mengetahui, bahwa kebiasaan menyisir rambut saat dalam keadaan basah akan mengakibatkan kerusakan pada rambut yang kita miliki, salah satunya adalah kerontokkan atau patah.

Perhatikanlah agar tidak menyisir rambut kecuali kondisi rambut telah mengering. Kalau pun ingin mengeringkan rambut menggunakan handuk, berhati hatilah. Jangan terlalu keras saat menggosok rambut jika tidak ingin mengalami rambut rontok dan patah.

4. Menggunakan Pewarna Rambut

Bagi kamu yang sering merubah warna rambut, entah itu kuning, biru, merah, atau warna apapun, sebaiknya dihentikan mulai sekarang. Karena pasalnya, kandungan zat yang terdapat pada pewarna tersebut dapat merusak struktur rambut dan membuatnya terlihat menjadi lebih kering.

Selain itu, kebiasaan mewarnai rambut dapat menyebabkan iritasi , dan menjadi pemicu rasa gatal pada kulit kepala. Jika ingin mendapatkan rambut dan kulit kepala yang sehat, hindarilah kebiasaan mewarnai rambut.

5. Jarang Berkeramas

Di nomor 1 kita telah menjelaskan bahwa frekuensi keramas yang terlalu tinggi akan mengakibatkan kerusakan pada rambut dan menyebabkan kulit kepala kering, juga berminyak. Ternyata, terlalu jarang berkeramas pun juga bisa mengundang masalah bagi rambut yang kita miliki, salah satunya adalah ketombe.

Disarankan bagi seseorang yang memiliki rambut panjang atau lebat, berkeramas sebanyak 1 kali dalam sehari. Hitungan ini sudah yang paling pas dan paling mengikuti standar. Namun jika diantara kalian ada yang memiliki rambut botak (pria), maka tidak mengapa berkeramas 2 hari sekali.

Perlu kita sadari, bahwa tidak seorang pun ingin rambut yang dimilikinya jelek, kusam, patah patah atau apapun itu. Setiap kita pasti menginginkan rambut yang sehat. Oleh karena itu, mari perhatikan dan rawatlah rambut yang kita miliki sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui kebiasaan buruk yang dapat merusak rambut agar rambut kita senantiasa sehat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.