Ini Dia Fakta Keuntungan Memiliki Wajah Berminyak

Kulit berminyak sering kali dianggap merepotkan. Karena produksi minyak yang berlebih pada wajah membuat seseorang merasa perlu membersihkan mukanya dengan berulang kali atau memoles ulang make up untuk mengurangi kilapan minyak yang ada. Namun tahukah anda bahwa ternyata terlalu sering mengeringkan dan menutupi minyak pada kulit wajah akan menimbulkan masalah lain seperti penyumbatan pori-pori dan kekurangan produksi minyak.

Ada beberapa fakta kulit berminyak yang perlu anda ketahui, karena ternyata dengan memiliki kulit berminyak tidak selalu merugikan pada diri seseorang. Berikut adalah beberapa fakta menguntungkan bagi yang memiliki kulit berminyak, termasuk manfaat dan kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari dalam merawat kulit berminyak:

9 Fakta Keuntungan Memiliki Wajah Berminyak

1. Lebih awet muda

Fakta kulit berminyak yang paling penting anda ketahui adalah proses penuaan dini kulit wajah berminyak ternyata lebih lambat. Hal semacam ini dikarenakan produksi minyak membuat kelembaban alami kulit bertambah, sehingga kulit wajah akan mengalami tampak lebih awet muda. Namun, anda masih tetap memerlukan pelembab yang cocok untuk merawat kulit yang berminyak.

2. Lebih tahan sinar matahari

Kulit berminyak ternyata lebih tahan terhadap paparan sinar matahari, karena memiliki lapisan kelembaban yang sangat tebal, tingkat pH sekitar 4,5–6,2. Lapisan ini akan melindungi kulit wajah dari bakteri dan mempertahankan kelembaban kulit, sehingga anda juga tidak perlu harus menggunakan tabir surya berlebihan.

3. Bersihkan wajah secara teratur

Fakta kulit berminyak selanjutnya adalah meskipun secara alami memiliki kelembaban dan juga perlindungan lebih daripada jenis kulit lainnya. Kulit berminyak juga membutuhkan perawatan yang sangat tepat. Salah satunya yaitu dengan membersihkan wajah secara teratur, terutama setelah anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Sisa-sisa kotoran dan make up haruslah segera dibersihkan, agar tidak menyumbat pori-pori yang akan memungkinkan munculnya jerawat serta iritasi pada kulit.

4. Punya wajah berminyak bikin anda hanya perlu lebih sedikit makeup

Produksi minyak yang ada pada kulit wajah anda, akan menjadi dasar makeup yang cukup. Selain itu anda juga tidak perlu menggunakan makeup terlalu tebal, karena justru akan terlihat lebih jelek. Kulit anda memproduksi sebum yang akan membuat wajah terlihat buruk apabila menggunakan makeup tebal.

5. Gunakan kertas penyerap minyak

Fakta kulit berminyak selanjutnya adalah membiasakan dengan menggunakan kertas penyerap minyak. Cara yang tepat membersihkan minyak berlebih dari wajah dengan menggunakan kertas penyerap minyak yaitu menepuk-nepukkan kertas penyerap minyak secara perlahan, bukan mengusapnya pada wajah karena akan menimbulkan iritasi nantinya.

6. Perawatan alami kulit berminyak

Untuk menjaga kulit berminyak agar tetap segar, anda bisa juga melakukan perawatan alami dengan masker dari seledri atau bengkoang dan juga kentang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan perawatan alami kulit berminyak ini secara rutin setiap 2 hari sekali atau sebelum tidur malam. Pastikan wajah anda sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelum menerapkan masker alami tersebut.

Cara merawat kulit berminyak dengan bahan alami sangatlah mudah. Caranya dengan memasukkan daun seledri ke dalam air yang mendidih, kemudian biarkan selama sekitar 15 menit. Setelah airnya cukup dingin, ambil daun seledri lalu bilaskan air rendamannya pada wajah dan biarkan hingga mengering. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air bersih.

Apabila ingin menggunakan masker bengkoang dan juga kentang. Anda cukup menumbuk hingga halus bahan tersebut, lalu oleskan pada wajah. Selain itu, perawatan kulit berminyak juga bisa dilakukan dengan cara menggosokkan mentimun ambil bagian dalam yang berbiji pada wajah. Biarkan hingga meresap kurang lebih sekitar 15 menit. Setelah itu, bersihkan wajah menggunakan air hangat.

7. Kulit lebih lembut

Keuntungan mempunyai kulit berminyak salah satunya adalah kulit menjadi lebih lembut. Pernahkah mencoba menyentuh seseorang yang memiliki jenis kulit kering? anda pasti akan merasakan permukaan yang begitu kasar. Hal ini tidak akan anda temukan bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak.

8. Kondisi pH jauh lebih seimbang

Tingkat keasaman pada kulit berminyak jauh lebih baik dibandingkan dengan kulit kering. Oleh karena itu, kosmetik yang anda pilih harus sesuai pHnya dengan kondisi kulit wajah anda. Kulit berminyak biasanya lebih disarankan untuk menggunakan kosmetik ber-pH 5.

9. Hemat biaya

Keuntungan lainnya memiliki wajah berminyak adalah perawatan yang lebih murah, karena anda tidak perlu repot-repot membeli produk pelembab wajah yang harganya lumayan mahal. Karena wajah anda sudah mendapatkan kelembabannya secara alami.

10. Wajah lebih segar

Minyak yang ada pada wajah akan membuat kulit anda tetap lembab dan tidak mudah kering. Hal ini tentu akan membuat wajah terlihat lebih segar sehingga anda akan terlihat cantik alami tanpa harus menggunakan produk pelembab wajah.

Baca Juga: Penyebab Kulit Berminyak

Meskipun banyak fakta menguntungkan dengan muka berminyak. Namun, perwatan juga sangat perlu. Salah satunya adalah membersihkan wajah secara rutin setiap hari, agar wajah menjadi lebih bersih dan minyak diwajah tidak berlebihan. Seperti yang diketahui bahwa minyak yang berlebihan pada wajah dapat memicu timbulnya jerawat. Dan cobalah untuk mengurangi makanan yang berminyak seperti gorengan, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang berserat seperti buah dan sayur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.