5 Makanan Sehat Yang Bagus Untuk Perkembangan Anak

Orang tua pasti akan bangga bila anak-anaknya selalu sehat ceria dan cerdas. Tak sedikit pula orang tua yang selalu melakukan berbagai cara untuk kesehatan dan perkembangan anak-anaknya. Apalagi jika anak tersebut masih dalam masa pertumbuhan, sebagai Orangtua yang baik, mereka harus lebih jeli dalam memilih makanan yang cocok untuk tumbuh kembang anak, karena tidak semua makanan cocok atau baik dan bisa dikonsumsi oleh anak- anak Anda.

Akan menjadi ebih baik jika Anda sebagai orang tua atau ibu memasak atau membuat makanan sendiri untuk anak-anak Anda, agar makanan yang dimakan oleh sang anak lebih terkontrol dan jelas nutrisinya.

Selain asupan makan, akan menjadi lebih baik pula apabila anak Anda sedini mungkin di ajari untuk memakan makanan sehat yang kaya akan serat, rendah lemak dan kaya akan kalsium, zat besi, vitamin dan mineral lainnya, daripada membiasakan anak dengan makanan berkalori tinggi dan berlemak serta memakan makanan instan yang banyak mengandung bahan pengawet dan MSG, hindari pula makanan-makan junkfood agar kebiasaan tersebut tidak terbawa sampai anak-anak anda tumbuh dewasa.

Perlu anda ketahui pula makanan tidak hanya mempengaruhi kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh, tetapi juga otak. Anak-anak membutuhkan asupan gizi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan otak mereka. Sebab pada masa anak-anak sel-sel dalam tubuh terutama sel-sel pada otak seorang anak akan terus beregenerasi, maka dari itu Nutrisi yang baik dari makanan dapat meningkatkan memori otak dan keterampilan anak, sehingga mereka menjadi lebih mahir dalam menghafal atau mengingat sesuatu.

Agar anak-anak tetap memliki tubuh yang sehat dan memiliki otak cerdas ada beberapa hal terkait dengan makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan anak-anak, silahkan simak dan pahami artikel dibawah ini.

5 Makanan Sehat Yang Bagus Untuk Perkembangan Anak

1. Susu

Susu biasanya digunakan sebagai nutrisi tambahn untuk tubuh agar tubuh tidak mudah lelah dan meiliki tulang yang kuat. Biasanya anak playgroup dan TK sangat menyukai susu, namun seiring dengan berjalannya waktu setelah mereka beranjak dewasa, banyak anak yang mulai mengurangi konsumsi susu. Hal ini mungkin bukan karena mereka tidak lagi menyukai susu, atau mungkin sudah bosan atau enek dengan susu yang biasanya mereka konsumsi. Namun bisa pula karena banyaknya pilihan minuman lain yang menurutnya lebih enak, seperti soda, sirup buah dan jus buah siap minum yang tersedia dalam rumah anda.

Nah, minuman kaleng atau botol harus dikurangi dan jangan terlalu banyak dikonsumsi sebab tidak semua minuman yang enak memiliki nutrisi yang cukup untuk anak, terlebih hindari pula minuman atau makanan yang berwarna agar anak-anak anda menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan ginjalnya sejak dini, selau ingatkan pada anak-anak anda untuk tidak minum minuman sembarangan agar ginjalnya tetap sehat supaya terngiang dan tertanam dalam ingatannya sampai mereka dewasa

2. Yogurt

Yogurt adalah makanan yang sangat sehat untuk anak, terutama bagi anak yang tidak meminum banyak susu, karena yogurt dapat menjadi sumber kalsium yang baik. Bila anak-anak tidak terlalu menyukai yogurt, Anda dapat memvariasikannya dengan menambahkan yogurt pada salad buah atau sayur.

3. Buah apel

Seperti buah lainnya, apel merupakan camilan yang baik. Menjadikan buah sebagai bahan cemilan akan lebih baik daripada memakan camilan snack yang banyak mengandung bubuk penyedap rasa atau MSG. MSG dapat merusak sel-sel otak apabila dikonsumsi dengan batasan yang tidak wajar, termasuk pula dapat memicu banyak sekali penyakit seperti amandel. Apel mengandung banyak sari buah, rasanya manis (meskipun beberapa varietas rasanya asam), kaya vitamin C, dan memiliki kalori rendah (sekitar 90 kalori untuk apel ukuran sedang).

4. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang mengandung omega 3, apalagi bila anak-anak anda mengkonsumsi telur ayam kampung yang nutrisinya jauh lebih tinggi daripada ayam telur ayam ras.

Telur memang mengandung kolesterol, tetapi mereka tidak mengandung banyak lemak jenuh, di mana lemak jenuh merupakan komponen yang meningkatkan level kolesterol, telur akan tetapi baik dikonsumsi oleh anak-anak apabila sang ibu dapat membatasi konsumsi telur setiap harinya, dalam artian tidak selalu setiap hari harus makan telur tetapi uga harus diselingi dengan lauk yang lain, sebab telur biasanya lebih cenderung untuk dijadikan sebagai lauk. Oleh karena itu, sebutir telur yang dikonsumsi selang-seling hari sangatlah baik untuk anak-anak.

5. Selai kacang

Kacang bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk, bisa direbus, digoreng ataupun dioven. Namun ada cara lain yang lebih mudah untuk menikmati kacang, yaitu dengan membuatnya sebagai selai. Banyak orangtua yang menghindari selai kacang karena khawatir akan meningkatkan potensi alergen yang dikandung kacang dan tingginya kandungan lemak didalamnya. Namun, tidak akan menjadi masalah bila sesekali anak-anak anda makanannya diselingi dengan memberi tambahan selai kacang, misalnya saja ketika sarapan berikan menu makan yang ringan dengan segelas susu, roti tawar yang didalmnya dibaluri dengan selai kacang ini.

Sekian dulu pembahasan kita mengenai makanan yang bagus untuk perkembangan anak. Selalu ajarkan anak Anda sedini mungkin mengenai pola makan hidup sehat, agar terus tertanam hingga mereka dewasa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.