8 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Siapa yang tidak tahu buah naga? Buah berwarna merah muda cerah ini memiliki ciri khas kulit yang bersisik namun terlihat sangat eksotis. Di Asia Tenggara buah ini dikenal dengan banyak sebutan seperti : sisi naga, kristal naga, buah mutiara naga, naga hijau, dan tentunya buah naga (Indonesia). Mengenai rasa, buah yang satu ini memiliki rasa manis yang segar, serta daging buah berwarna merah dan putih dengan biji berwarna hitam.

Ada banyak cara untuk menikmati kesegaran dan khasiat alami dari buah naga, namun cara terbaik adalah mengkonsumsinya dalam keadaan segar. Baik itu berupa potongan buah, diolah menjadi jus, atau menjadi campuran salad buah yang dicampur dengan madu dan yogurt. Tapi tunggu dulu, kita mungkin tahu bahwa buah naga baik untuk kesehatan tubuh, tapi sudah tahukah kita, kesehatan apa sih yang bisa didapat dari buah naga?

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai manfaat buah naga bagi kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui, yang tentunya sangat disayangkan apabila kamu belum pernah merasakan buah yang mempunyai banyak manfaat ini.

8 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh Kita

1. Solusi Cemilan Bagi Diabetes

Mengkonsumsi buah naga merah bisa menjadi solusi bagi penderita diabetes yang punya banyak aturan dalam konsumsi makanan sehari hari. Mengkonsumsi buah naga merah sebagai “cemilan” disaat senggang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita termasuk bagi penderita diabetes.

Hal ini dikarenakan buah naga merah tidak mengandung kadar gula yang tinggi, meskipun memiliki rasa yang cukup manis, sehingga tetap aman dikonsumsi para penderita diabetes yang khawatir akan asupan gula berlebih didalam tubuhnya.

2. Membantu Program Diet

Ingin diet? Buah naga merah adalah pilihan yang tepat dalam mensukseskan program diet kita. Kandungan serat yang tinggi didalam buah naga akan membuat perut kita terasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengontrol asupan kalori didalam tubuh yang menjadi salah satu faktor naiknya berat badan.

Disamping itu, kita tidak perlu takut kegemukan akibat mengkonsumsi buah naga, sebab nilai kalori rendah yang terdapat didalam buah ini tidak akan menyebabkan penimbunan lemak didalam tubuh. Sehingga kita tidak perlu merasa khawatir jika mengkonsumsinya dalam jumlah banyak sekalipun.

3. Mencegah Penuaan Dini

Buah naga merah mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi penting dalam proses regenerasi sel-sel baru didalam jaringan tubuh kita. Dimana proses regenerasi inilah yang akan membuat kulit dan seluruh organ didalam tubuh kita menjadi tampak lebih muda dan sehat.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengandung antioksidan, buah naga merah juga memiliki kandungan beta-karoten yang berfungsi menjaga kesehatan kedua mata kita. Ditambah lagi, rasa manis yang segar dari buah ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang bosan dengan tomat dan wortel untuk mendapatkan beta-karoten.

5. Membantu Kontrol Gula Darah

Sebelumnya kita telah sampaikan bahwa buah naga sangat cocok dijadikan cemilan rendah kalori yang aman bagi penderita diabetes. Namun tahukah kamu, ternyata didalam buah naga juga terdapat vitamin B3 yang berfungsi mengontrol kadar gula didalam tubuh kita. Oleh karenanya, menambahkan buah naga merah kedalam menu sehat kita adalah sebuah pilihan tepat, terlebih khusus bagi penderita diabetes.

6. Mengatasi Asam Urat

Bagi kamu yang menderita asam urat, bisa mencoba buah naga dalam proses penyembuhan. Sebab pasalnya, buah naga merah diketahui mengandung senyawa penting yang mampu melarutkan zat purin didalam tubuh kita, serta mengeluarkannya melalui urin atau pun keringat kita. Zat purin adalah senyawa khusus yang menjadi pemicu utama dari asam urat.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Sebagaimana yang kita ketahui, radikal bebas dan stress oksidatif dapat menyebabkan munculnya tanda tanda tidak sehat pada kulit, seperti : Kulit kusam, kering dan berkerut. Dengan mengkonsumsi buah naga, kandungan vitamin C, dan antioksidan yang terdapat didalamnya akan membantu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab utama rusaknya kulit. Disamping itu, vitamin C juga sangat penting dalam pembentukan kolagen yang berfungsi menjaga kulit agar terlihat tetap awet muda.

8. Membantu Meredakan Kulit Yang Terbakar Sinar Matahari

Ternyata, selain mampu mengontrol kadar gula dalam darah, vitamin B3 yang terkandung didalam buah naga berkhasiat meredakan kulit yang terbakar sinar matahari. Bahkan bukan hanya itu saja, vitamin B3 pada buah naga juga memberikan perawatan instan pada kulit yang mengalami kemerah merahan dan rasa gatal akibat sengatan sinar matahari yang berlebih pada kulit.

Pada dasarnya semua buah-buahan mengandung vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Hanya saja ada beberapa buah yang memiliki kandungan istimewa yang tidak dimiliki buah lain pada umumnya. Sekian pembahasan kita kali ini mengenai 8 manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

1 Comment
  1. Ronnie Wrye says

    At the center of your being you have the answers; you comprehend your divinity and you understand what you must do.

Leave A Reply

Your email address will not be published.