7 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Minuman kopi sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia dan sudah menjadi tradisi sebagian besar orang – orang di negeri pertiwi ini, sebab Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki jenis kopi yang beragam. Produk kopi dapat dengan mudah kita jumpai dipasaran. Produk kopi yang sering dinikmati biasanya kopi kemasan, kopi instan, hingga kopi – kopi mahal yang di jual di kafe atau kedai kopi mewah.

Pada saat ini kopi sudah menjadi minuman favorit banyak orang, baik dari kalangan orang tua maupun kalangan orang muda. Para pecinta kopi biasanya minum kopi lebih dari 3 gelas perhari dan pada umumnya mereka akan selalu menikmati kopi pada pagi hari dan sore hari.

Bagi para pecinta kopi pasti sudah mengetahui beberapa manfaat yang didapat dari mengkonsumsi minuman kopi secara rutin. Salah satu manfaat kopi yang sangat familiar yaitu kopi dapat membantu anda untuk tetap berjaga, jadi apabila anda memiliki tugas yang harus segera diselesaikan dan menuntut anda untuk begadang biasanya tidak ketinggalan minuman kopinya.

Selain bermanfaat untuk tetap membuat anda terjaga tidak mengantuk, ternyata kopi juga bermanfaat untuk kesehatan, apakah anda tahu manfaat kopi untuk kesehatan dibalik rasanya yang nikmat? Jika belum anda tenang saja sebab memang masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja manfaat kopi untuk kesehatan. Oleh sebab itu pada pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa manfaat kopi untuk kesehatan.

7 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

1. Kopi dapat membantu untuk menghilangkan rasa kantuk

Manfaat kopi yang paling umum orang ketahui adalah dapat membuat anda merasa tidak mengantuk karena mengandung kafein. Mengkonsumsi kopi agar anda tidak mengantuk sangat baik bagi kesehatan apabila kamu mengkonsumsinya bukan pada malam hari, sebab apabila kamu mengkonsumsi kopi pada malam hari dan membuatmu tidak mengantuk hingga tengah malam maka akan membuat jam tidurmu berkurang yang bisa menyebabkan terjadinya beberapa gangguan kesehatan. Sebaiknya mengkonsumsi kopi untuk menghilangkan rasa ngantuk pada pagi hari maupun siang hari agar anda terlihat segar dan tidak mengantuk.

2. Kopi dapat mencegah depresi

Apakah anda mengalami setres dalam pekerjaan? atau setres karena tugas – tugas hidup yang anda jalani? Jika iya, sebaiknya anda anda istirahat sejenak dan menyeduh kopi. Aroma yang ditimbulkan dari kopi dipercaya dapat menjadikan anda lebih rileks. Sehingga mengkonsumsi kopi setiap hari dapat mengurangi resiko setres anda dan dapat mencegah depresi.

3. Kopi dapat memperlancar metabolisme tubuh

Manfaat mengkonsumsi kopi salah satunya yaitu dapat memperlancar metabolisme tubuh. Namun, kopi yang baik dan dapat memperlancar metabolisme tubuh adalah kopi murni yang berasal dari biji kopi dan kopi tanpa gula. Kasiat dari kopi tanpa gula dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung glukosa yang sangat penting bagi metabolisme tubuh.

Oleh sebab itu sebaiknya anda mengkonsumsi kopi murni dan menghindari kopi instan, hal ini untuk menghindari bahan kimia yang ada pada kopi kemasan.

4. Meningkatkan daya ingat dan menurunkan resiko pikun

Ternyata dengan mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan daya ingat anda sehingga anda memiliki resiko yang rendah untuk menjadi pelupa atau pikun . Di dalam kopi terdapat kandungan kafein, kafein inilah yang dipercaya dapat meningkatkan daya ingat pada anda pencinta kopi.

Hal tersebut terjadi karena kafein yang terdapat dalam kopi mampu meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, sehingga darah yang mengalir dalam otak selalu lancar dan otak menjadi segar sehingga daya ingatnya dapat meningkat dan anda tidak menjadi pelupa.

5. Kopi dapat meredakan rasa sakit kepala

Ternyata mengkonsumsi kopi dapat bermanfaat untuk meredakan rasa sakit kepala. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi itulah yang memiliki potensi yang sangat baik untuk meredakan rasa sakit kepala maupun migran. Rasa sakit kepala anda dapat hilang juga berkat aroma kopi yang dapat membuat anda merasa rileks, sehingga anda dapat merasa tenang dan rasa sakit kepala anda berkurang.

6. Mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2

Banyak penelitian yang mengungkap bahwa dengan anda sering mengkonsumsi kopi tanpa gula dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. Kasiat dari kopi diyakini mampu meningkatkan kadar protein yang biasanya disebut dengan hormon sex pengikat globulin dalam darah, yang berfungsi untuk melindungi tubuh terhadapt penyakit diabetes tipa 2 pada orang penderita kelainan genetik.

7. Kopi dapat melawan kanker

Manfaat kopi bagi kesehatan yaitu kopi dapat melawan kanker. Dalam kopi terdapat kandungan senyawa kimia. Senyawa kimia tersebut diantaranya anti inflamasi dan anti oksidan yang sangat aktif sebagai senyawa anti kanker dan dapat melawan kanker. Kopi yang paling baik untuk melawan kanker yaitu kopi espresso sebab kopi ini memiliki sampai 3 kali lipat anti kanker.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang manfaat kopi bagi kesehatan. Jangan lupa share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain juga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.