Apa Saja Sih Manfaat Tidur Tepat Waktu dan Teratur?

Tidak sedikit orang mengabaikan pentingnya tidur yang cukup dan teratur. Waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh orang dewasa itu antara 7 jam hingga 8 jam. Tidur secara teratur merupakan salah satu komponen yang penting untuk pola hidup sehat karena tidur tepat waktu, lama waktu tidur, dan kualitas tidur memegang peranan penting dalam perkembangan kesehatan kita.

Saat kita tidur, otak kita akan melepaskan senyawa dan hormon yang bisa membantu aktivitas yang ada dalam tubuh. Jadi apabila anda sudah menjaga polah makan anda, olahraga yang cukup tetapi anda tidak memperhatikan jam tidur anda, maka usaha anda dalam melaksanakan pola hidup sehat dapat dikatakan sia – sia. Dengan demikian, sebenarnya apa manfaat dari tidur tepat waktu?

4 Manfaat Tidur Tepat Waktu dan Teratur

1. Meningkatkan daya ingat

Tidur dapat meningkatkan daya ingat seseorang karena dengan tidur otak kita memperoleh waktu untuk menurunkan beban kinerja dan beristirahat dari aktifitas sehari-harinya. Daya ingat pastinya sangat dibutuhkan oleh semua orang, bukan? Maka apabila anda sering merasa lupa, salah satu penyebabnya bisa dikarenakan Anda tidak pernah tidur tepat waktu. Waktu tidur anda sangat kurang dan anda jarang merasakan tidur yang berkualitas.

Tidur tepat waktu dapat membuat anda merasakan semua tahapan tidur. Setidaknya ada dua tahapan tidur yaitu fase REM (Rapid Eye Movement) dan slow wave sleep. Kedua fase ini dapat melancarkan proses mengingat dan proses berfikir kreatif.

Tidur tidak teratur dapat membuat seseorang sulit untuk meningkatkan daya ingat, misalnya sulit menerima informasi sehingga cenderung tidak mengingat informasi yang disampaikan sebab neuron pada otak bekerja terlalu keras dan cenderung menafsirkan suatu kejadian secara berbeda.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika anda tertidur, sistem kekebalan tubuh bekerja untuk mengeluarkan senyawa sitokin. Senyawa sitokin ini berfungsi sebagai perlindungan terhadap sistem kekebalan pada tubuh anda, yaitu bertugas untuk membantu melawan peradangan dan infeksi pada tubuh.

Nah, apabila anda tidak tidur tepat waktu maka anda tidak memiliki tidur yang cukup sehingga hal tersebut mengakibatkan anda tidak memiliki senyawa sintokin yang cukup. Jika dalam tubuh anda tidak memiliki senyawa sintokin yang cukup tentu saja anda akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan mudah terserang peradangan atau infeksi.

Oleh karena itu, dengan tidur yang teratur dan cukup, maka sistem kekebalan tubuh dapat terus mengeluarkan senyawa sitokin, sehingga senyawa tersebut akan terus tersedia dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Tidur tepat waktu dapat meningkatkan metabolisme tubuh, diantaranya proses pengeluaran racun dari bagian tubuh, meliputi:

  • 23.00 sampai 01.00, pada jam ini tubuh kita harus sudah tidur pulas, biasanya tubuh kita mulai merasakan kantuk yang berat dan perlu istirahat. Pada jam ini tubuh mulai mengeluarkan hormor untuk menghilangkan stress karena aktifitas di siang harinya.
  • 01.00 sampai 03.00, pada jam ini terjadi deoksasi pada bagian empedu.
  • 03.00 sampai 05.00, pada jam ini terjadi detoksi pada paru – paru.

Semua proses tersebut terjadi saat anda tidur pulas. Sehingga dengan tidur tepat waktu proses – proses tersebut dapat berjalan secara lancar dan akan membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membuat tubuh anda merasa segar dan bugar setelah bangun tidur.

4. Mengendalikan nafsu makan

Tidur tepat waktu dapat bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan, sebab dengan anda tidur pada malam hari kebutuhan akan kalori anda dapat berkurang sebab anda tidak melakukan aktivitas berlebih dan hal inilah yang menyebabkan anda tidak membutuhkan energi yang besar atau dapat dikatakan bahwa kebutuhan anda akan energi menurun, sehingga anda akan merasa tidak mudah lapar. Tetapi apabila anda tidak tidur tepat waktu dan anda kurang tidur tentu saja anda akan membutuhkan banyak energi. Jika tubuh anda membutuhkan banyak energi maka anda akan sering merasa lapar dan nafsu makan anda tidak dapat terkendalikan.

Hal di atas merupakan beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dengan tidur tepat waktu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan dapat membuka pikiran Anda agar sadar betapa pentingnya tidur tepat waktu, sehingga untuk selanjutnya Anda dapat tidur tepat waktu dan teratur setiap harinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.