Ini Dia 7 Jenis Olahraga Peninggi Badan Dengan Cepat

Memiliki tinggi badan ideal adalah keinginan setiap orang. Akan tetapi, tidak semua orang dianugerahi tinggi badan yang ideal. Hal semacam ini tidak lepas dari pengaruh faktor genetik. Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki tubuh pendek agar bisa memiliki tinggi badan yang ideal? Tentu saja ada, salah satu cara meninggikan badan adalah dengan melakukan olahraga peninggi badan secara rutin.

Olahraga sangat efektif dalam membantu seseorang untuk menaikkan tinggi badannya. Berikut adalah jenis olahraga untuk meninggikan badan yang bisa Anda lakukan.

7 Jenis Olahraga Peninggi Badan Dengan Cepat

1. Basket

Salah satu jenis olahraga yang mampu membuat tinggi badan bertambah adalah basket. Basket terdiri dari dua gerakan utama yaitu melompat dan berlari. Kedua gerakan tersebut yang dilakukan secara konstan selama permainan berlangsung. Dan secara langsung akan menyebabkan lempeng pertumbuhan mengalami guncangan.

Efeknya, lempeng akan teraliri banyak darah yang mana hal ini dapat merangsang pertumbuhan. Selain itu, gerakan meloncat yang dilakukan saat sedang shooting, atau blocking bola dari lawan juga akan menyebabkan otot meregang dan berkontraksi saat kembali menapak. Hal semacam ini juga merangsang tulang untuk tumbuh.

2. Bersepeda

Dengan bersepeda tidak hanya bermanfaat untuk menambah stamina dan menjaga kesehatan jantung serta paru-paru, bersepeda kini juga menjadi cara meninggikan badan yang efektif. Karena gerakan mengayuh sepeda secara tidak langsung meningkatkan pasokan darah ke otot paha dan lutut sehingga merangsang pertumbuhan tulang.

Selain itu, bersepeda membuat aliran oksigen ke seluruh bagian tubuh berjalan lancar dan menyebabkan tubuh bagian atas menjadi lebih kuat.

3. Berenang

Berenang adalah olahraga yang banyak membantu dalam mendapatkan badan yang tinggi. Para perenang di seluruh dunia memiliki tubuh yang ramping dan tinggi (tubuh bagian atas yang lebih panjang dibandingkan dengan tubuh bagian bawah). Oleh karena itu, berenang dapat membantu Anda untuk memperkuat tulang belakang tubuh Anda dan membantu Anda untuk mencapai postur tubuh yang baik.

Ketika Anda sedang berenang, maka seluruh otot tubuh Anda akan bergerak. Selain itu, Anda juga akan mengambang secara horizontal di air. Bergerak di dalam air sangat membutuhkan usaha yang lebih besar dibandingkan bergerak di udara, dan dengan bergerak secara horizontal Anda telah melawan gravitasi. Hal ini berarti dada dan tubuh bagian atas secara konstan telah melakukan peregangan dan kontraksi yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas

4. Lompat Tali (Skipping)

Lompat tali juga cara meninggikan badan, dengan olahraga yang cukup sederhana ini Anda bisa lakukan dimanapun dan kapanpun. Anda juga hanya memerlukan tali khusus (bisa dibeli di toko peralatan olahraga) dan tekad untuk menerapkannya harus secara konsisten.

Melakukan lompat tali akan membuat otot tubuh meregang dan berkontraksi terutama di bagian kaki. Akibatnya gerakan ini akan menciptakan hormon pertumbuhan di semua tubuh. Anda yang tidak memiliki skill olahraga berenang atau bermain basket, bisa mencoba olahraga peninggi badan yang satu ini untuk meninggikan tubuh secara cepat dan efektif.

5. Sepakbola

Bermain sepakbola juga dapat merangsang pertumbuhan Anda, membantu Anda untuk tumbuh lebih tinggi secara alami. Dalam permainan sepakbola membutuhkan banyak berlari. Dan itu sangat penting untuk menambah tinggi badan. Ketika Anda sedang berlari, Anda meregangkan otot lutut dan paha yang membantu untuk mencapai tubuh tinggi.

Bermain sepakbola juga membutuhkan banyak melompat saat menyundul bola dan gerakan ke samping untuk menggiring bola serta menghindari lawan. Seluruh kegiatan ini dapat membantu lempeng pertumbuhan menerima darah yang kaya akan oksigen dan hormon pertumbuhan.

6. Yoga

Dengan memanjangkan dan meregangkan tubuh ketika memutar otot dan tulang dalam berbagai macam gerakan yoga telah ditemukan dapat menjadi cara yang baik untuk menambah tinggi badan beberapa sentimeter.

Ada beberapa gerakan dalam yoga yang dapat membantu dalam membetulkan postur tubuh serta dapat menambah tinggi badan seseorang. Seperti mountain pose, triangle pose, tree pose, Chakrasana, Surya Namaskar, Adho Mukha Syanasana dan gerakan lainnya.

Sifat penghilang stres dari pernapasan yoga juga dapat menjadi cara yang baik untuk melepas stres dan ketegangan pada otot serta sendi. Hormon pertumbuhan dapat mengalir lebih baik melalui tubuh, ketika tubuh dalam keadaan santai.

7. Bulutangkis

Olahraga bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga andalan Indonesia di setiap pentas dunia seperti olimpiade dan juga Asian Games. Semua orang pasti tahu bahwa dalam permainan bulutangkis (badminton) banyak diisi oleh gerakan melompat. Hal ini tentu menjadikan bulutangkis sebagai olahraga peninggi badan yang patut Anda coba apabila ingin tinggi badan naik secara cepat.

Tidak ada salahnya mencoba cara meninggikan badan dengan olahraga peninggi badan seperti yang sudah dipaparkan diatas. Selain itu, imbangi olahraga tersebut dengan asupan nutrisi dari makanan.

Perbaiki juga gaya hidup Anda yang berpotensi mengganggu kesehatan seperti merokok, kurang tidur dan mengonsumsi alkohol. Jangan mudah percaya dengan obat-obatan atau suplemen yang diklaim dapat menambah tinggi badan secara ideal. Alangkah lebih baiknya berkonsultasi dengan dokter terkait untuk mengetahui formula ideal untuk meninggikan badan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.