Penyebab dan Cara Mengobati Jerawat Dipunggung

Jerawat yang sering kali muncul dipunggung memang tidak terlihat. Namun ketika sedang melakukan aktifitas yang mengharuskan membuka baju. Contohnya seperti berenang, jerawat pasti akan terlihat. Dimana pun letaknya jerawat memang sangat mengganggu dan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Selain itu, jerawat yang muncul disekitar punggung membuat tidak nyaman ketika beraktifitas karena tiba-tiba sering gatal. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit mengulas permasalah jerawat dipunggung mulai dari penyebab dan cara mengatasinya secara aman. Sehingga nantinya tidak akan menimbulkan bopeng bekas jerawat.

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Dipunggung

Penyebab Jerawat Muncul di Punggung

Sebelum mengulas tentang cara mengobati jerawat dipunggung, ada baiknya agar mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, diantaranya adalah:

1. Keringat

Keringat yang keluar karena sering beraktifitas seperti olahraga atau kegiatan lainnya yang berada diluar ruangan akan membuat punggung jadi lembab. Sehingga dapat memicu munculnya jerawat, apalagi ketika anda kurang menjaga kebersihan tubuh anda sendiri.

2. Memakai Kondisioner

Kondisioner memang dipakai untuk rambut. Namun, kandungan silikon pada kondisioner dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, saat menggunakan kondisioner usahakan jangan sampai mengenai pada kulit punggung anda.

3. Memakai Pelembut dan Pewangi Pakaian

Pelembut atau pewangi pakain termasuk salah satu yang dapat memicu timbulnya jerawat. Karena setiap orang memiliki tipe kulit tertentu yang mungkin tidak cocok dengan bahan pewangi atau pelembut pakaian. Sehingga akan menimbulkan iritasi yang dapat mengakibatkan jerawat.

4. Penggunaan Tas

Tas memang bukan merupakan salah satu penyebab jerawat. Akan tetapi, penggunaan tas dengan beban yang berat juga mampu menghambat keringat dan membuatnya terkunci pada bagian tubuh. Sehingga dapat memicu timbulnya jerawat. Apabila anda memakai tas alangkah lebih baiknya untuk memilih tas dengan tali yang tipis.

5. Pemakaian Pakaian Yang Kurang Tepat

Jerawat dipunggung atau dada terkadang juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan pakaian yang kurang sesuai dengan tubuh. Seperti contoh dengan menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau dari bahan-bahan yang tidak mudah menyerap keringat dan juga mudah panas.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Dengan Anda mengetahui penyebab jerawat muncul dipunggung, maka dapat mengantisipasi dan melakukan pencegahannya. Namun, bagi anda yang sudah terkena jerawat pada punggung, berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat di punggung:

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Salah satu penyebab jerawat adalah kurangnya menjaga kebersihan kulit yang bercampur dengan bakteri dan menimbulkan jerawat. Cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan kulit punggung adalah mandi dengan menggunakan sabun kesehatan atau sabun anti bakteri.

2. Melakukan Scrub

Dengan melakukan scrub secara teratur tujuannya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga tidak terinfeksi oleh bakteri yang mengakibatkan jerawat. Anda juga bisa melakukan scrub dengan butiran yang halus ini secara teratur.

Dengan melakukan scrub, anda dapat meminimalisir iritasi pada kulit punggung. Tetapi jangan juga terlalu sering, karena apabila terlalu sering maka kurang baik juga bagi kulit Anda. Dosis aman scrub yang teratur adalah seminggu sekali. Akan tetapi cara seperti ini hanya bisa dilakukan apabila jerawat belum meradang sampai parah atau membentuk jerawat batu, apabila sudah parah maka akan berbahaya dan dapat menyebabkan infeksi pada peradangan yang terjadi.

3. Memakai Putih Terlur

Telur dikenal dengan memiliki banyak khasiat bagi tubuh merupakan salah satu yang dapat mengobati jerawat. Caranya pisahkan putih telur dan kuning telurnya kemudian putih telur dioleskan pada bagian punggung yang berjerawat. Diamkan kurang lebih selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Cara seperti ini bisa dilakukan secara rutin menjelang mandi.

4. Memakai Buah Tomat

Buah tomat bisa juga dijadikan alternatif pengganti scrub. Caranya siapkan buah tomat yang matang kemudian haluskan dengan blender. Sesudah itu oleskan pada kulit punggung yang berjerawat lalu biarkan hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

5. Menggunakan Kulit Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C. Yang akan dimanfaatkan dari buah jeruk adalah kulitnya yang dipercaya untuk menggobati jerawat pada punggung.

Caranya rendam kulit jeruk yang telah mengering kedalam air. Kemudian haluskan menggunakan blender dan juga tambahkan beberapa sendok susu. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas menggunakan air dingin.

6. Memakai Buah Lemon

Tahukah Anda bahwa buah lemon juga dapat mengobati jerawat pada punggung beserta dengan bekasnya, yakni berupa noda atau flek hitam karena buah lemon memiliki kandungan Vitamin B, Vitamin C, karbohidrat serta fosfor.

Caranya cukup dengan memeras satu buah lemon yang dicampur dengan sedikit air, lalu oleskan pada kulit punggung yang berjerawat menggunakan kapas atau kain yang halus. Diamkan hingga kering dan bilas menggunakan air bersih.

Itulah beberapa ulasan penyebab dan cara mengatasi jerawat dipunggung. Semua cara diatas tidak ada yang instan, tetapi juga memerlukan proses. Apabila dilakukan dengan rutin, maka jerawat pada punggung anda akan berkurang dan akan mudah sembuh.

Baca Juga: Penyebab Terjadinya Jerawat

Cara tersebut sudah banyak dibuktikan dan juga terbilang lebih efektif serta aman dan bebas resiko daripada memakai obat yang mengandung bahan kimia. Karena cara terseput merupakan cara menghilangkan jerawat secara alami.

Leave A Reply

Your email address will not be published.