7 Penyebab Kulit Wajah Hitam Dan Kusam

Apakah anda merasa lebih percaya diri ketika memiliki kulit wajah yang cerah dan bersinar? Ketika kurang minum air putih, stres, kurang tidur, hingga cuaca yang tidak menentu bisa menjadi faktor yang menyebabkan kulit wajah menghitam dan kusam. Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki kulit wajah yang cerah memang menjadi idaman. Namun, karena perubahan cuaca yang tidak menentu, hal tersebut bisa membuat kulit wajah menghitam dan kusam.

Pada umumnya warna kulit yang anda miliki sejak dari kecil menjadi warna dasar dari kulit anda sendiri. Namun, ada pula yang mengalami perubahan warna kulit dari kulit dasarnyaa, misalnya pada dasarnya memiliki warna kulit putih, karena seringnya melakukan sesuatu hal akhirnya kulitnya berubah warna menjadi gelap.

Perubahan warna kulit bisa terjadi dalam jangka panjang maupun tempo yang singkat. Biasanya perubahan pada warna kulit yang terjadi adalah dari terang (putih) menjadi gelap (coklat atau hitam). Dan hal semacam ini seringkali dikatakan sebagai proses penggelapan warna kulit. Kira-kira apakah penyebab kulit wajah hitam dan kusam?

7 Penyebab Kulit Wajah Hitam dan Kusam

1. Waktu Tidur Yang Tidak Teratur

Apakah anda termasuk salah satu orang yang suka begadang? Ternyata hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kulit wajah menjadi hitam dan kusam. Ada baiknya agar anda menjaga pola tidur malam. Mengapa? Karena pada saat malam hari biasanya sel-sel kulit akan beregenerasi dengan lebih sempurna.

2. Kurang Minum Air Putih Bisa Membuat Wajahmu Kusam Dan Menghitam

Kulit wajah yang terlihat kusam dan hitam terkadang juga bisa dipicu oleh kurangnya asupan air mineral di dalam tubuh. Jadi, ada baiknya anda benar-benar memenuhi kebutuhan air minum setiap harinya. Paling tidak, anda harus meminum delapan gelas air putih setiap hari, agar wajah lebih sehat, cerah dan berseri.

3. Perawatan kulit yang salah

Perawatan kulit yang salah juga akan menyebabkan efek negatif yang justru dapat membuat kulit menjadi rusak. Salah satu efek negatif yang timbul dari perawtan kulit yang salah adalah kulit menjadi tampak lebih gelap dan kehilangan kecerahannya. Terlebih ketika yang digunakan adalah bahan-bahan perawatan dengan bahan kimia, maka hal ini akan semakin membuat kulit menjadi rusak dan tampak jelek.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari pemakaian produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia. Produk perawatan kulit dengan bahan alami akan jauh lebih bagus dibandingkan dengan produk yang menggunakan bahan kimia.

4. Terlalu Sering Terkena Sinar Matahari Di Siang Hari

Sinar matahari memang berguna bagi kehidupan manusia. Namun, jika terlalu sering terkena sinar matahari di siang hari, maka hal ini bisa berakibat fatal. Kulit wajah bisa menjadi hitam dan kusam. Oleh karena itu, lebih baik jangan sering berada di bawah pancaran sinar matahari di siang hari.

Apabila memang anda terpaksa harus terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, pastikan anda sudah mengoleskan sunblock, terutama disekitar wajah. Tetapi terkadang sunblock sedikit membuat tidak nyaman saat dioleskan pada tubuh, terlebih wajah. Hal tersebut sangat penting sekali memilih sunblock khusus yang dirancang untuk wajah. Atau anda bisa memilih krim wajah yang juga mengandung sunblock, jadi akan lebih irit.

5. Pola Makan Yang Kurang Teratur Dan Tidak Tepat

Apakah anda termasuk orang suka telat makan? Atau termasuk orang suka makan makanan berlemak? Jangan sampai kebiasaan seperti ini dapat menyebabkan kulit anda jadi terlihat kusam. Banyak orang yang belum menyadari bahwa ternyata pola makan yang kurang teratur bisa membuat kulit tampak kusam.

Selain itu, apa yang anda makan juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Jadi tidak ada salahnya anda memperbanyak sayuran dalam menu makan, karena selain mendapatkan kulit cerah dan sehat, tubuh juga akan tetap fit sepanjang hari.

6. Kurang Bersih Ketika Mencuci Wajah

Mencuci wajah memang merupakan hal yang sepele, namun ternyata kebiasaan ini bisa menjadi kunci memiliki wajah yang cerah. Namun, mencuci wajah yang tidak bersih akan mengakibatkan kulit terlihat kusam.

Oleh karena itu, anda harus benar-benar memastikan bahwa wajah terbilas dengan bersih agar sel-sel kulit mati terangkat. Jangan lupa juga memastikan facial wash yang digunakan harus sesuai dengan masalah dan jenis kulit wajah anda.

7. Proses penuaan

Seiring berjalannya waktu, manusia pasti akan mengalami proses penuaan. Proses penuaan adalah suatu proses yang pasti ada dan pasti dilalui oleh semua orang. Tanpa disadari, proses penuaan yang berlangsung secara alami dapat memudarkan zat-zat warna kulit atau zat melanin kulit serta memudarkan kemampuan kulit dalam memproduksi melaninnya sendiri. Sehingga hal semacam inilah yang menyebabkan kulit tua nampak berwarna hitam.

Baca Juga: Cara Putihkan Wajah Secara Alami

Ternyata banyak sekali hal yang menyebabkan wajah kita hitam dan kusam. Untuk menjaga agar wajah tetap cerah, anda bisa lakukan perawatan bagt kulit anda. Apabila malas melakukan treatment wajah sendiri dirumah, anda juga bisa datang ke klinik kecantikan terdekat di kota anda untuk melakukan perawatan atau membeli produk perawatan disana. Yuk pancarkan kulit cantikmu dengan perawatan alami dan juga aman bagi kulit.

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Penyebab Kulit Wajah Hitam dan Kusam […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.