5 Sayuran Yang Bagus Untuk Ibu Hamil Muda

Ibu yang sedang mengandung membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk dirinya dan sang buah hati yang sedang ada di dalam kandungannya. Seorang yang sedang mengandung tentu kondisi tubuhnya lebih sensitive terhadap berbagai jenis hal, terutama lebih sering terserang penyakit seprti flu dan demam apabila kondisi tubuhnya tidak stabil. Oleh sebab itu makan yang dikonsumsi harus memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanan yang dimakan oleh sang ibu tidak hanya untuk sang ibu saja, melainkan bayi yang ada di dalam kandungan juga akan mengambil nutrisi tersebut melalui plasenta. Ibu yang sedang hamil akan melewati beberapa tahapan hingga pada akhirnya sang bayi dapat dilahirkan, biasanya sang ibu ketika masa kadungan masih muda atau trimester pertama akan lebih sering mengalami mual dan muntah bahkan selara makannya pun akan berkurang, namun dalam kondisi tersebut sang ibu tidak boleh menyerah untuk mengatur gizi makanan sehari-hari yang dikonsumsinya.

Mengatur makanan yang baik untuk ibu hamil ketika memasuki kehamilan trismester pertama memang sangatlah peting. Karena pada saat itu usia janin baru mulai tumbuh dan memerlukan berbagai vitamin dan mineral agar janin tersebut bisa berkembang dengan baik

Ada beberapa asumsi tentang cara mengatur pola makan untuk ibu hami. Terutama asumsi tentang “ketika sedang hamil sang ibu harus makan 2 kali lipat lebih banyak, karena sedang berbadan dua” hal tersebut tidaklah salah apabila makanan yang dikonsumsi tersebut mengandung gizi yang seimbang.

Sebenarnya yang benar dalam mengatur pola makan adalah bukan jumlah atau porsi makanannnya yang harus ditambah, melainkan makanan yang harus dimakan harus 2 kali lebih bergizi bukan 2 kali lebih banyak. Bila makanan ynag dimakan terlalu berlebihan, asupan kalori yang berlebihan akan membuat tubuh ibu yang sedang hamil menjadi kegemuka, dan pada akhirnya sang ibu akan kesulitan menurunkan berat badan ketika sudah melahirkan sang buah hati.

Cara mengatur gizi ibu hamil sebaiknya diatur agar makanan yang dimakan tepat sasaran maksudnya adalah menyesuaikan dengan tahap pertumbuhan janin. Pada prinsipnya makanan untuk ibu hamil harus memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Sebagai nutrisi tambahan, biasanya sang ibu harus mengonsumsi sayuran dan buah-buahan agar kondisi tubuh lebih segar bugar dan tidak mudah lemas.

Berikut ini merupakan beberapa sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung.

5 Sayuran Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

1. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran hijau yang kaya akan asam folat dan kalsium. Brokoli ini merupakan sayuran yang sering dijadikan bahan tambahan dalam sup, terkadang juga dalam capcay dan bisa juga dibuat jus agar lebih banyak nutrisi yang didapat. Kandungan kalsium dan asam folat yang tinggi akan sangat baik bila dikonsumsi untuk ibu hamil untuk membantu perkembangan janin yang ada dalam rahim dengan baik.

Selain asam folat dan kalisum brokoli juga mengandung vitamin C, K, A, B6, Kolin serta antioksidan dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat mengatasi permasalahan sembelit, dan baik pula untuk kesehatan mata ibu dan calon si buah hati, serta memperkuat tulang.

2. Bayam

Sayuran kedua yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah bayam, bayam merupakan sayuran yang kaya akan zat besi. Selain zat besi bayam juga memiliki banyak sekali kandungan serat, asam folat, vitamin C, kalsium, vitamin B6, ribovlafin, dan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan ibu dan sang buah hati.

3. Kangkung

Kangkung banyak sekali macam dan jenisnya, salah satunya adalah kangkung cabut. Dan kangkung ini merupakan salah satu sayur sehat untuk ibu hamil. Sayuran yang sangat akrab dengan lidah orang indonesia ini ternyata juga sangat baik untuk ibu hamil. Sayur ini biasanya dimasak dengan cara yang simple dengan ditumis atau bisa juga diberi tambahan seafood agar lebih terasa sedap dan lezat. Beragam nutrisi yang dikandungnya dapat membantu mencukupi kebutuhan ibu dan janinnya. Diantaranya seperti vitamin K, zat besi (Fe), kalsium, magnesium dan zinc.

4. Sawi hijau

Sawi hijau kaya akan asam folat, perlu anda ketahui bahwa hampir semua sayuran dan buah-buahan mengandung asam folat oleh sebab itu seorang ibu yang sedang hamil memang sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buhan. Adapun nutrisi yang terkandung dalam sawi hijau ini diantaranya yaitu asam folat, vitamin C, vitamin B6, kalsium, magnesium dan zat besi nya cukup banyak sehingga baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral ibu hamil.

Kandungan seratnya juga dapat membantu menghindari sembelit yang sering dialami ibu hamil.

5. Kacang polong

Kacang polong merupakan jenis sayuran yang berasal dari family kacang-kacangan. Biji dari jenis tanaman polong-polongan ini mengandung cukup banyak nutrisi penting yang baik untuk ibu hamil seperti asam folat, magnesium, zat besi, vitamin A dan C serta serat yang sangat baik untuk pencernaan.

Demikian beberapa ulasan tentang sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan bauah hati yang ada dalam kandungannya. Selalu jaga pola makan Anda, agar janin Anda sehat hingga proses melahirkan lancar.

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Sayuran Yang Bagus Untuk Ibu Hamil Muda […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.