5 Tips Diet Untuk Penderita Maag Yang Wajib Diketahui

Kebanyakan wanita ingin memiliki tubuh yang ideal, salah satunya memiliki tubuh yang langsing. Namun, tahukah kamu kalau tubuh wanita lebih mudah bertambah gemuk ketimbang pria, karena tubuh wanita lebih banyak menyimpan lemak. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal bagi wanita, diet merupakan cara yang paling popular digunakan masyarakat dunia saat ini, jika ingin menurunkan berat badan.

Dalam menjalanpak program diet, ada sebagian orang yang memiliki masalah dengan penerapan program diet itu sendiri. Salah satunya adalah mereka yang memiliki riwayat sakit maag. Banyak dari mereka yang sering bingung dan terkendala saat ingin menjalani program diet untuk penderita maag, sedangkan mereka takut kalau penyakit maag yang mereka derita dapat seketika kambuh, sehingga diperlukan tips diet untuk penderita maag.

Untuk menghadapi persoalan diet bagi penderita maag, kali ini kita akan membahas mengenai 5 tips diet untuk penderita maag yang aman bagi asam lambung dan meminimalisir kambuhnya maag saat menjalankan diet.

5 Tips Diet Untuk Penderita Maag

1. Hindari Makanan Pedas

Meskipun kita sangat menyukai selera makan pedas, tentu kita tetap harus bijak dengan mendahulukan kesehatan. Sekalipun kita tidak mengikuti program diet, mengkonsumsi makanan pedas bagi penderita maag akan memberi pengaruh buruk bagi kesehatan diri kita. Terlebih lagi jika kita menjalani program diet untuk penderita maag dengan susunan menu bercita rasa pedas, bukannya menjadi, justru bisa mengantarkan diri kita masuk ke rumah sakit.

Oleh karenanya, langkah pertama adalah buat susunan menu sehat yang tidak mengandung banyak cabe cabean. Perbanyak konsumsi makanan berserat seperti gandum, brokoli, kentang, dan semisalnya.

2. Memperhatikan Jam Tidur

Hal ini sangat penting bagi kita. Karena tubuh yang kekurangan waktu istirahat akan mengalami gangguan dalam proses metabolism tubuh. Ditambah lagi, sebagian penderita maag memiliki tingkat sensitifitas rasa lapar yang sangat tinggi.

Hal yang dikhawatirkan, saat tidak mampu mengontrol keinginan makan dimalam hari, bukannya berat badan yang ideal didapat, justru berat badan yang membengkak karena kebiasaan ngemil atau makan saat malam hari dan akan mengganggu program diet kita. Oleh karena itu, jaga waktu tidur dan usahkan untuk tidur sedini mungkin antara jam 9 -10 malam.

3. Rutin Berolahraga

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi kambuhnya penyakit maag yang diderita seseorang. Dan salah satu sebabnya adalah meningkatnya produksi asam lambung didalam tubuh secara tidak normal. Dan sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa aktivitas olahraga secara rutin dapat membantu mengontrol produksi asam lambung yang berlebih didalam tubuh.

Hal ini dikarenakan, ketika tubuh melakukan aktivitas olahraga secara rutin, sebagian asam lambung dapat terbawa keluar bersama dengan keringat yang kita miliki yang secara tidak langsung menurunkan kadar asam lambung yang dapat membantu program diet kita.

Namun perlu diingat, meskipun olahraga dapat mengurangi produksi asam lambung didalam tubuh, berlebihan saat olahraga juga dapat membahayakan kondisi fisik kita, terlebih lagi saat dalam kondisi diet.

4. Perhatikan Pola Jam Makan

Atur porsi atau takaran makan kita. Buat agar tidak terlalu banyak, namun juga tidak terlalu sedikit, inilah hal yang paling penting untuk pada diet untuk penderita maag. Kurangi asupan karbohidrat pokok kita menjadi 3/4 dari jumlah yang biasa kita konsumsi sehari hari.

Disamping itu jangan lupa tambahkan makanan berserat agar memberi rasa kenyang di lambung lebih lama. Namun ingat,ada yang harus diubah dari pola makan pokok kita, dari yang sebelumnya 3 kali sehari menjadi 4 kali sehari.

Pembagian waktu makan yang baik untuk program diet

  • 7:30
  • 11:30
  • 15:30
  • 19:30

5. Konsumsilah Makanan Yang Mudah Dicerna

Penting untuk diketahui, ketika seorang penderita maag memutuskan untuk menurunkan berat badan melalui diet, lakukanlah dengan penuh pertimbangan. Ukur setiap aspek kemungkinan yang dapat mempengaruhi kesehatan kita. Dan salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tekstur makanan yang akan kita konsumsi.

Disarankan bagi kita yang penderita maag agar menyusun menu harian dengan komposisi makanan yang memenuhi karbohidrat dan protein, namun dengan tekstur yang mudah untuk dicerna seperti: Kentang, Nasi, telur dan seluruh buah buahan. Hindari kripik dan mie instan yang membuat lambung bekerja keras untuk mencernanya.

Sekian pembahasan kita mengenai 5 tips diet untuk penderita maag. Selalu perhatikan kesehatan lambung kita apabila ingin melakukan diet dan aturlah menu makanan yang baik, agar program diet maag tetap berjalan dengan lancar.

Baca juga: Penyebab Penyakit Maag

1 Comment
  1. […] Baca juga: Tips Diet Bagi Penderita Maag […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.