Alasan Kenapa Wanita Lebih Mudah Gemuk Daripada Pria

Halo sobat sehat balik lagi dengan kita, seperti biasa kita akan menyajikan informasi seputar dunia kesehatan yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup sehat kita. Kali ini, seperti judul yang sudah kita lihat diatas, kita akan mengulas sebuah topik mengenai alasan mengapa wanita cenderung lebih mudah gemuk dibandingkan kaum pria.

Kita mungkin sering melihat, wanita yang berusia sekitar 30-an cenderung lebih gemuk dibandingkan dengan kaum pria yang seumuran dengan usia tersebut. Lalu muncul pertanyaan, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Kebetulankah? Atau adakah penjelasan ilmiah terkait hal tersebut? Baiklah, untuk memahami pertanyaan tersebut, sekaligus menjawab tanda Tanya di benak Anda, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

3 Alasan Kenapa Wanita Lebih Mudah Gemuk Daripada Pria

Terdapat tiga alasan utama yang menyebabkan kaum wanita cenderung lebih mudah gemuk dibandingkan kaum pria. Pertama : Faktor Hormon Estrogen, Kedua : Faktor Hormon Testosteron, Ketiga : Faktor Masa Lemak. Kita Jelaskan satu persatu.

1. Faktor Hormon Estrogen

Secara umum, hormone estrogen adalah sekumpulan senyawa steroid di dalam tubuh (wanita dan pria) yang memiliki peran utama sebagai hormone seks bagi kaum wanita. Meskipun hormone ini juga terdapat pada kaum pria, namun jumlah / intensitas yang terdapat di tubuh pria teramat sangat kecil dibandingkan jumlah hormone estrogen yang terdapat di dalam tubuh wanita.

Nah, para pakar dari dunia kesehatan telah mengemukakan sebuah fakta yang cukup menarik. Di mana disebutkan bahwa: “Terdapat kaitan erat antara hormone estrogen dengan meningkatnya jumlah lemak di dalam tubuh kaum wanita”. Mereka menyebutkan bahwa jumlah hormone estrogen di dalam tubuh wanita dapat memicu pertumbuhan lemak lebih cepat dibandingkan kaum pria yang hanya memiliki sedikit jumlah hormone estrogen.

Bahkan tidak hanya itu, peluang wanita untuk menjadi lebih gemuk semakin diperbesar dengan diterapkannya program KB. Hal ini disebabkan, kandungan hormone estrogen yang terkandung di dalam pil tersebut (pil KB) akan semakin memperbesar jumlah hormone estrogen di dalam tubuh kaum wanita, yang melazimkan akan semakin mudah pula tubuh kaum wanita mengalami kenaikan berat badan. Maka jangan heran, bila kita mendapati banyak kaum wanita yang bertambah gemuk selepas melakukan program KB.

2. Faktor Hormon Testosteron

Tidak jauh berbeda dengan hormone estrogen, hormone testosterone juga terdapat pada kaum wanita dan kaum pria. Hanya saja, jumlah hormone testosterone jauh lebih dominan di dalam tubuh kaum pria dibandingkan dengan kaum wanita. Secara umum, hormone ini berperan sebagai hormone seksual bagi kaum pria. Namun, disisi lain, hormone ini juga sebagai jawaban mengapa kaum wanita lebih mudah gemuk dibadingkan dengan kaum pria.

Selain berfungsi sebagai hormone seksual, testosterone juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan otot di dalam tubuh. Oleh karenanya, kita dapat melihat jumlah serat otot di dalam tubuh kaum pria jauh lebih banyak dibandingkan kaum wanita. Hal ini disebabkan banyaknya hormone testosterone yang membantu perkembangan otot bagi kaum pria. Lalu apa hubungannya dengan tubuh wanita menjadi gemuk??

Perlu diketahui, semakin banyak jumlah serat otot di dalam tubuh manusia, maka akan semakin tinggi pula kinerja atau metabolisme di dalam tubuh orang tersebut. Dan sebagaimana yang kita ketahui, serat otot di dalam tubuh kaum wanita jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kaum pria. Hal inilah yang membuat tubuh wanita cenderung lebih mudah menjadi gemuk dibandingkan kaum pria. Sebab, kinerja / metabolisme tubuh kaum wanita berada lebih rendah dibandingkan kaum pria.

3. Faktor Massa Lemak

Secara terstruktur, tubuh wanita tidak jauh berbeda dengan kaum pria. Dimana susunan tubuh terdiri dari tulang, otot dan lemak. Hanya saja, bila lebih dirinci, kita akan mendapati bahwa tubuh kaum wanita lebih dominan dengan massa lemak dibandingkan dengan massa otot layaknya kaum pria. Hal ini diperkuat dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh badan asosiasi kesehatan dunia atau yang lebih dikenal dengan WHO.

WHO menyatakan bahwa sejauh ini tingkat obesitas kaum wanita berada lebih tinggi dibandingkan dengan kaum pria. Tidak hanya sekedar lebih tinggi, namun diperkirakan, jumlah kaum wanita yang mengalami obesitas mencapai dua kali lipat dari jumlah kaum pria yang mengalami obesitas. Dan fakta yang mengejutkannya adalah faktor yang menyebabkan kondisi ini tidak lain dan tidak bukan adalah sistem metabolisme di dalam tubuh wanita itu sendiri. Tubuh wanita memang diseting dapat menyimpan lebih banyak lemak dibandingkan dengan kaum pria.

Penjelasan ini pun tidak jauh berbeda dan sangat terkait dengan kandungan hormone yang disimpan di dalam tubuh seseorang. Oleh karenanya, adalah hal yang wajar bila kita mendapati tubuh wanita cenderung lebih mudah gemuk dibandingkan kaum pria.

Baiklah, sampai disini saja penjelasan singkat kita mengenai alasan mengapa tubuh wanita cenderung lebih mudah gemuk dibandingkan kaum pria. Semoga dapat bermanfaat dan mencerahkan sobat mengenai permasalahan tersebut. Sampai jumpa di kesempatan lainnya dan saya ucapkan terima kasih.

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Kenapa wanita mudah gemuk daripada pria […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.