3 Tips Hidup Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Diketahui

Ibu yang sedang mengandung atau hamil tentu harus menjaga diri dan kandungannya agar sang ibu dan si buah hati yang ada didalam kandungan tetap dalam keadaan sehat dan dilahirkan dengan berat badan yang normal. Semua orang tua tentu sangat mengharapkan agar buah hati mereka nantinya lahir dengan sehat sehingga kebahagiaan keluarga menjadi lengkap dan utuh tanpa kurang satu apapun.

Oleh karena itu sebagai ibu yang sedang hamil tentu saja harus mengerti akan kondisi tubuhnya dan harus menjaga asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh karena apa yang akan dimakan oleh sang ibu juga akan dimakan oleh si buah hati yang sedang ada dalam kandungan.

Menjaga pola hidup sehat pada masa kehamilan memang sangatlah penting, karena masa-masa kehamilan adalah masa yang paling sensitif bagi seorang wanita. Dimana segala sesuatunya harus dilakukan dengan ekstra hati-hati, sebab itu semua juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan si buah hati.

Oleh sebab itu ada beberapa hal yang akan kami bahas mengenai pola hidup sehat selama masa kehamilan yang wajib anda terapkan.

3 Tips Hidup Sehat Untuk Ibu Hamil

1. Selaraskan Asupan Gizi

Gaya hidup sehat ibu hamil dimulai dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat bagi ibu dan sang buah hati selama mengandung. Dengan menjaga asupan makanan yang seimbang serta menjalani hidup sehat akan membuat masa kehamilan menjadi lebih aman dan nyaman. Ibu hamil memerlukan lebih banyak asupan nutrisi daripada masa-masa sebelum kehamilan, nutrisi yang harus terpenuhi itu misalnya seperti protein, vitamin, asam folat dan zat besi.

Kehamilan juga merupakan waktu yang tepat bagi ibu untuk melakukan perubahan ke pola makan yang lebih baik. Cara mengatur pola makan yang baik bagi ibu hamil diantaranya yaitu:

  • Saat hami sebaiknya menerapkan pola makan yang lebih sehat bukan yang lebih banyak dan asal kenyang.
  • Membuat menu makan sehat dengan memvariasikan menu makanan dengan buah dan sayur agar kandungan buah hati mendapat semua manfaat baik dari makanan yang anda makan.
  • Sering membaca artikel tentang cara mengatur pola makan agar lebih paham dan tidak salah mengambil langkah dalam memutuskan niat baik untuk mengubah pola makan
  • Menurut angka kecukupan gizi Indonesia, pada trimester pertama ibu yang sedang mengandung perlu mendapat asupan 180 kilo kalori lebih banyak dari setiap harinya, setelah menginjak masa kehamilan trimester kedua ibu perlu mendapat asupan kaloi tambahan sekitar 300 kilo kalori per hari , ketika sudah memasuki masa kehamilan trimester akhir , sang ibu memerlukan asupan kalori lebih dari 300 kilo kalori.
  • Imbangi dengan mengkonsumsi susu khusus ibu hamil sebagai suplemen atau penambah nutrisi untuk sang ibu dan sang buah hati.

2. Hindari Alkohol dan Kafein

Selama masa kehamilan seorang ibu harus memikirkan segala tindakan yang hendak dilakukan, terutama hal-hal yang memberikan dampak negatife bagi kesehtan ibu dan buah hati. Salah satu yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol dan kafein. Sebab dampak negatife dari mengkonsumsi alcohol dan kafein dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin.

Berikut ini hal-hal yang harus ketahui oleh para ibu hamil tentang alkohol dan kafein

  • Ibu disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung terlalu banyak kafein seperti kopi, teh dan soft drink. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dapat membuat perut menjadi keram, mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan dan membuat berat badan bayi menjadi rendah ketika dilahirkan.
  • Minuman yang mengandungg alkohol jika dikonsumsi oleh ibu hamil dapat meningkatkan resiko cacat fisik, keterbelakangan mental dan masalah emosional pada bayi. Selain itu alkohol dapat meningkatkan resiko ibu mengalami keguguran.

3. Hindari Aktifitas Berat

Jika ibu sedang hamil terutama pada usia kandungan muda diusahakan untuk tidak melakukan aktifitas yang berat. Karena hal tersebut dapat membahayakan kandungan dan meningkatkan resiko keguguran. Namun aktifitas berat tetap harus dikurangi tidak hanya pada usia kandungan muda, tetapi tetap harus tetap mengontrol aktifitas selama masa kehamilan sampai pada melahirkan.

Walaupun mungkin biasanya ibu adalah seorang wanita karir tetapi ketika sedang hamil sebaiknya jangan sampai membuat badan menjadi kelelahan dan mengalami dehidrasi. Aktifitas berat yang harus ibu hindari mislanya seperti:

  • Angkat-angkat barang dalam porsi berat dan banyak, jika hal ini dilakukan secara terus-menerus tentu akan memberi dampak buruk bagi kandunggan anda.
  • Hindarilah olahraga ekstrim, olahraga memang merupakan hal penting bagi ibu yang sedang mengandung, namun usahakanlah olahraga yang anda lakukan tetap dalam pengawasan ahli dan tidak termasuk dalam olahraga ektrim sebab jika olahraga yang anda lakukan terlalu ekstrim justru nantinya akan membahayakan kandungan. Mislanya saja ketika anda sedang melakukan gerakan atau treatment yang membahayakan bisa saja anda kelelahan dan terjatuh dan mengakibatkan keguguran.

Baca Juga: Sayuran Yang Bagus Untuk Ibu Hamil Muda

Sekian pembahasan kita mengenai tips sehat bagi ibu hamil. Selalu jaga nutrisi dan kesehatan tubuh Anda, agar sang buah hati dapat tumbuh dan lahir optimal dan lancar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.