Penyebab Keramik Lantai Kamar Mandi Kasar Dan Mengatasinya

Penyebab Keramik Lantai Kamar Mandi Kasar Dan Mengatasinya

Sebenarnya apa yang menjadi penyebab utama keramik lantai kamar mandi kasar dan bagaimana cara mengatasinya? Keramik lantai kamar mandi adalah salah satu elemen penting yang menentukan kenyamanan dan kebersihan ruangan. Keramik lantai kamar mandi harus memiliki sifat yang tahan air, mudah dibersihkan, dan tidak licin. 

Namun, terkadang kita menemukan keramik lantai kamar mandi yang kasar, kotor, atau berjamur. Hal ini tentu saja mengganggu fungsi dan estetika dari kamar mandi kita.

Fungsi Dari Penggunaan Keramik Lantai Di Kamar Mandi

Daftar isi

Penyebab Keramik Lantai Kamar Mandi Kasar Dan Mengatasinya

Sebelum membahas keramik lantai kamar mandi kasar, baiknya Anda ketahui jika Keramik lantai kamar mandi memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

Melindungi Lantai Dari Air

Keramik lantai kamar mandi harus mampu menahan air yang sering menggenang atau menetes di lantai. Jika lantai tidak dilapisi dengan keramik, maka air bisa merembes ke dalam dan menyebabkan kerusakan pada struktur bangunan. Anda juga perlu paham apakah pecahan keramik termasuk contoh jenis limbah keras.

Mencegah Terjadinya Kecelakaan

Keramik lantai kamar mandi harus memiliki tekstur yang tidak licin tidak adanya keramik lantai kamar mandi kasar agar pengguna tidak mudah terpeleset atau terjatuh saat beraktivitas di kamar mandi. Selain itu, keramik lantai kamar mandi juga harus kuat dan tidak mudah pecah atau retak jika tertimpa benda berat.

Menambah Nilai Estetika

Keramik lantai kamar mandi juga berfungsi sebagai elemen dekoratif yang bisa mempercantik tampilan ruangan. Keramik lantai kamar mandi tersedia dalam berbagai warna, motif, ukuran, dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan konsep desain kamar mandi yang diinginkan.

Penyebab Keramik Lantai Kamar Mandi Kasar

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan keramik lantai kamar mandi menjadi kasar, antara lain:

Pemasangan Yang Kurang Rapi

Jika keramik lantai kamar mandi dipasang dengan sembarangan, maka bisa terjadi celah atau retakan di antara sambungan keramik. Celah ini bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran, debu, atau jamur yang membuat permukaan keramik menjadi kasar dan tidak rata.

Pemilihan Jenis Keramik Yang Salah

Tidak semua jenis keramik cocok digunakan untuk lantai kamar mandi. Ada beberapa jenis keramik yang memiliki porositas tinggi, yaitu kemampuan menyerap air yang besar. Jenis keramik ini bisa menjadi keramik lantai kamar mandi kasar jika terkena air secara terus menerus karena menyebabkan perubahan warna atau tekstur pada permukaan keramik.

Pembersihan Yang Tidak Teratur

Keramik lantai kamar mandi harus dibersihkan secara rutin agar tetap bersih dan mulus. Jika tidak, maka kotoran, sabun, sampo, atau produk perawatan tubuh lainnya bisa menempel dan mengeras di permukaan keramik. Hal ini bisa membuat keramik menjadi kasar dan sulit dibersihkan.

Cara Mengatasi Keramik Lantai Yang Kasar

Jika keramik lantai kamar mandi sudah menjadi kasar, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya untuk mewujudkan tampilan kamar mandi dari referensi motif keramik kamar mandi minimalis estetik tersebut, yaitu:

Menggosok Dengan Sikat Atau Amplas

Cara ini bisa dilakukan untuk menghilangkan noda atau jamur yang menempel di permukaan keramik. Gunakan sikat atau amplas yang halus dan bersihkan dengan air bersih setelahnya.

Menggunakan Cuka Atau Baking Soda

Cara ini bisa dilakukan untuk membersihkan keramik lantai kamar mandi kasar yang berubah warna atau tekstur akibat porositas tinggi. Campurkan cuka atau baking soda dengan air hangat dan oleskan pada permukaan keramik dengan menggunakan lap atau spons. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih secara benar dan tepat.

Mengganti Keramik Yang Rusak

Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi keramik yang pecah, retak, atau terkelupas. Gunakan alat khusus untuk melepaskan keramik yang rusak dan pasang keramik baru dengan menggunakan semen atau lem yang sesuai. Pastikan keramik yang dipasang rapi dan tidak ada celah di antaranya.

Kesimpulan Akhir

Keramik lantai kamar mandi yang menjadi kasar bisa mengurangi fungsi dan keindahan ruangan. Oleh karena itu, kita harus mengetahui penyebab dan cara mengatasinya agar kamar mandi kita tetap nyaman dan bersih. Anda juga perlu mengecek 1 dus keramik 40×40 isi berapa banyak.

Keramik lantai kamar mandi yang kasar tersebut bisa disebabkan oleh pemasangan yang kurang rapi, pemilihan jenis keramik yang salah, atau pembersihan yang tidak teratur. 

Cara mengatasinya adalah dengan menggosok dengan sikat atau amplas, menggunakan cuka atau baking soda, atau mengganti keramik yang rusak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang keramik lantai kamar mandi kasar.

Baca Juga: 5 Perpaduan Keramik Lantai Dan Dinding Kamar Mandi Menarik

Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 18 =