cara mengecat tembok baru tanpa plamir

Begini Urutan Cara Mengecat Tembok Baru Tanpa Plamir

Urutan cara mengecat tembok baru tanpa plamir harus dilakukan dengan cermat dan teliti agar hasil akhirnya lebih sempurna dan warnanya sesuai dengan yang diinginkan. Penting untuk memahami teknik yang benar pada setiap langkah agar cat dapat bertahan lama dan tahan terhadap serangan jamur atau rembesan air saat hujan.

Selain mempercantik tampilan interior dan eksterior rumah, pengecatan juga berfungsi melindungi tembok dari bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan serta mencegah rembesan air hujan masuk ke dalam.

Setelah memilih merk cat tembok yang berkualitas dan warna yang sesuai dengan konsep rumah, proses pengecatan akan membuat Anda merasa nyaman dan memberikan nilai estetika dan keindahan pada rumah.

Urutan Cara Mengecat Tembok Baru Tanpa Plamir yang Benar

Daftar isi

cara mengecat tembok baru tanpa plamir

Jika Anda telah memahami bagaimana memilih cat yang baik, apakah cat dasar dicampur air, dan lain sebagainya. Berikut adalah cara mengecat tembok baru tanpa plamir:

1. Tembok Harus Sudah Diaci

Pastikan tembok sudah di aci dengan baik setelah proses plesteran selesai. Aci dibuat dari campuran semen dan air, dan berfungsi untuk menghaluskan permukaan tembok sehingga hasil akhirnya lebih rapi.

2. Menghaluskan Permukaan Tembok

Meskipun tukang plesteran bekerja dengan baik, hasil plesteran masih belum dapat sepenuhnya rata karena proses pengerjaannya masih menggunakan tangan manusia. 

Oleh karena itu, agar hasil pengecatan menjadi bagus tanpa memerlukan proses plamir, permukaan tembok harus dihaluskan dengan cara di amplas hingga halus saat disentuh dengan tangan.

Pengamplasan juga berfungsi untuk membersihkan permukaan tembok setelah diaci dan menghilangkan kotoran yang menempel.

3. Menutupi permukaan lantai

Pada cara mengecat tembok baru tanpa plamir, sebelum memulai proses pengecatan dan jika lantai sudah terpasang keramik atau granit, maka lantai perlu ditutup terlebih dahulu agar tetesan cat tidak mengenainya. Jangan biarkan tetesan cat kering, karena akan lebih sulit dibersihkan bahkan mungkin tidak bisa hilang sepenuhnya dan meninggalkan bekas.

4. Gunakan cat dasar

Jangan langsung menerapkan warna cat yang Anda pilih ke dasar tembok, baik tembok baru atau tembok lama. Sebelum proses pengecatan dengan warna yang diinginkan, diperlukan aplikasi cat dasar meskipun cat yang dipilih berwarna gelap, seperti biru atau ungu menggunakan cat Avian atau sejenisnya.

Dengan memberikan cat dasar terlebih dahulu, lapisan cat kedua akan lebih merata dan cat akan lebih awet serta tidak mudah mengelupas. Pilih cat dasar yang ramah lingkungan dengan bahan dasar akrilik atau wall sealer, serta tidak mengandung logam berat atau merkuri.

5. Aplikasikan cat kedua dengan roll

Setelah cat dasar benar-benar kering, Pada proses cara mengecat tembok baru tanpa plamir berikutnya adalah mengaplikasikan cat yang dipilih menggunakan roll. Alat ini akan menghasilkan tekstur yang halus dan akhir pengecatan lebih merata dibandingkan dengan kuas yang lebih kasar.

Dengan menggunakan roll, proses pengecatan dapat lebih cepat, sehingga waktu dan tenaga dapat dihemat. Namun, penggunaan kuas lebih baik untuk sudut atau tepi dinding atau objek lain yang tidak dapat dijangkau oleh roll.

6. Selesaikan satu area terlebih dahulu.

Kebanyakan tukang cat sudah tahu teknik ini. Tetapi jika Anda memutuskan untuk melakukan pengecatan sendiri, Anda perlu tahu bahwa proses pengecatan tembok dimulai dari bagian atas. 

Jika Anda mulai dari tengah atau bawah, hasilnya mungkin tidak merata. Pastikan untuk menyelesaikan satu area terlebih dahulu sebelum beralih ke area lain.

Penutup

Itulah beberapa langkah atau urutan dalam cara mengecat tembok baru tanpa plamir yang dapat Anda coba sendiri. 

Jika Anda melakukannya sendiri, Anda bisa menghemat biaya tukang dan menggunakannya untuk membuat warna cat rumah bagian luar yang elegan. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Memilih Kamera CCTV yang Bagus untuk Keamanan Maksimal Rumah Anda

Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − three =