Content placement

Mengenal Apa Itu Content Placement, Manfaat Dan Juga Cara Kerjanya

Content placement adalah salah satu istilah yang telah cukup lama dikenal di dunia blogging dan digital marketing. Namun harus diakui masih banyak blogger pemula yang masih belum mengenal dengan baik mengenai istilah content placement ini.

Khusus untuk kamu yang termasuk ke dalam salah satu blogger yang belum memahami istilah content placement ini. Pada ulasan kali ini, kami berkesempatan untuk menjelaskan pada kamu mengenai apa itu content placement, manfaat dan juga sistem kerjanya. Penasaran?, Langsung saja, berikut ulasan selengkapnya yang telah kami siapkan untuk kamu. 

Content Placement Adalah…?

Pada bagian awal, kami akan memulai pembahasan mulai dari pengertian apa itu content placement. Berdasarkan ulasan dari halaman handayat.com, disebutkan bahwa content placement adalah kegiatan dimana kamu menerbitkan artikel di luar website yang kamu miliki. Singkatnya, kamu menerbitkan konten di website milik orang lain.

Mirip Guest writing?

Sebagian dari kamu mungkin berpikiran bahwa kegiatan ini sangat mirip dengan guest writing. Hal tersebut sebenarnya dapat dikatakan sedikit berbeda. Pada kegiatan guest writing, kamu menulis di website orang lain secara gratis dengan tujuan mendapatkan backlink ke website mu.

Sedangkan pada content placement, kamu harus membayar untuk menerbitkan artikel kamu di website yang menyediakan jasa content placement ini. 

Selain itu, pada content placement, kamu diizinkan untuk mencantumkan tautan websitemu secara bebas di dalam artikel yang akan diterbitkan. Hal ini sedikit berbeda dengan guest writing, dimana beberapa website hanya mengizinkan unlinked mentions di artikel yang dibuat.

Manfaat Content Placement Bagi Website Dan Bisnis

Kembali melansir informasi dari halaman handayat.com, dijelaskan bahwa content placement adalah strategi marketing dan link building yang mendatangkan banyak manfaat. Adapun beberapa manfaat yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Nilai SEO Website

Salah satu manfaat dari content placement ini dapat meningkatkan nilai SEO Website kamu. Pasalnya, content placement ini sama layaknya dengan link building atau membangun backlink. Kamu dapat mencantumkan link website kamu di artikel yang akan diterbitkan di website jasa content placement.

Dengan demikian, website mu pun akan mendapatkan backlink berkualitas dari website yang menerbitkan artikel yang kamu siapkan. Sehingga nilai SEO dari websitemu di mata Google pun akan semakin meningkat.

Bahkan dengan strategi memanfaatkan content placement ini, website atau artikel yang kamu jadikan tujuan backlink berpotensi besar mendapatkan peringkat atas di halaman pertama  pencarian Google.

Baca Juga : Jasa SEO Backlink Conten Digital

Meningkatkan Trafik Kunjungan

Manfaat lainnya dari menggunakan content placement adalah dapat meningkatkan trafik kunjungan ke websitemu. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa di artikel content placement, kamu dapat mencantumkan link website atau artikelmu di dalamnya. Hal tersebut akan memungkinkan pembaca konten artikel content replacement mengunjungi website mu, sehingga websitemu akan mendapatkan trafik kunjungan organik.

Membangun Branding Website

Content placement juga memiliki manfaat dalam pembanguan brand awareness terhadap brand dan juga produkmu. Melalui content placement, maka brand dan websitemu akan menjangkau lebih banyak audiens.

Sebagai contoh, jika kamu memasang artikel review produk atau jasamu di website content placement. Maka calon customer yang sedang mencari produk mu akan merasa lebih yakin terhadap produk mu, karena terdapat review yang diterbitkan di website dengan otoritas tinggi.

Sistem Kerja Content Placement

Untuk kamu yang masih bingung mengenai sistem kerja content placement ini. Berikut adalah skema sederhana content placement yang dapat kamu simak.

Dalam skema content placement, terdapat 2 pihak yang terlibat yakni:

Pihak pertama, pihak yang menerima permintaan content placement (entah itu berupa artikel, review dan lainnya).

Pihak kedua, pihak yang mengajukan kerja sama content placement (pihak yang ingin produk atau brand nya dipromosikan).

Dalam hal ini, pihak kedua dapat menghubungi pihak pertama dan mengajukan permintaan content placement. Ketika kesepakatan terbentuk, maka pihak kedua menyediakan konten artikel yang akan diterbitkan di website pihak pertama.

Biaya Content Placement 

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan jasa content placement?.

Terkait dengan biaya jasa content placement sebenarnya sangat tergantung dengan ketentuan yang ditetapkan oleh penyedia jasa tersebut. Artinya, harga jasa ini dapat saja lebih mahal ataupun lebih murah.

Namun berdasarkan penelusuran kami. Disebutkan di halaman doel web, bahwa harga jasa content placement ini umumnya berada pada range Rp.800.000 hingga Rp.2.000.000. Sedangkan untuk lama pengerjaan content placement ini, umumnya hal tersebut memakan waktu sekitar 1 hingga 3 hari.

Memilih Jasa Content Placement Terbaik

Untuk kamu yang tertarik untuk menggunakan jasa content placement, terdapat beberapa poin yang sebaiknya anda perhatikan ketika memilih jasa content placement untuk menerbitkan konten artikel anda. Adapun beberapa poin yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

Relevansi 

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa salah satu tujuan dari content placement ini adalah membangun backlink ke website yang kamu miliki. Hal tersebutlah yang membuat relevansi menjadi bagian penting yang harus kamu perhatikan.

Cara jasa content placement yang memiliki relevansi dengan website kamu. Misalnya, kamu memiliki website tentang blogging, maka sebaiknya kamu mencari website yang juga memiliki niche serupa. 

Sebagai pengingat, bahwa google menganggap link dari website yang relevan lebih berkualitas dibandingkan dari link dari website yang memiliki niche berbeda.

Performa Website

Dalam memilih jasa content placement, performa website dari jasa content placement yang kamu pilih juga menjadi poin penting yang harus kamu pertimbangkan. Dalam hal ini, kami menyarankan agar kamu memilih jasa content placement yang memiliki nilai Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) yang tinggi.

Untuk mengetahui nilai PA dan DA ini, kamu dapat menggunakan fitur yang tersedia di tool Ahrefs atau SEOMoz. Kamu hanya perlu memasukkan alamat website dari jasa content placement yang kamu pertimbangkan. Selanjutnya, kedua tools ini tersebut akan menampilkan informasi performa website tersebut.

Trafik Kunjungan

Tentunya kamu ingin artikel yang kamu terbitkan di website jasa content placement dibaca oleh banyak orang. Oleh karena itu, pastikan bahwa situs website jasa content placement yang kamu pilih memiliki trafik kunjungan yang tinggi.

Dalam hal ini, kamu dapat menanyakan langsung kepada pihak jasa dan meminta mereka menunjukkan bukti yang menunjukkan laporan trafik kunjungan mereka. 

Review Baik

Sebelum memilih jasa content replacement, sebaiknya kamu juga memeriksa review dari sejumlah orang yang menggunakan jasa tersebut. 

Hal tersebut demi memastikan bahwa pihak jasa memberikan pelayanan yang baik atau tidak. Selain itu, kamu juga dapat menilai efektivitas dari jasa content replacement yang kamu pertimbangkan berdasarkan review yang diberikan mantan klien mereka.

Artikel Yang Akan Diterbitkan

Poin terakhir yang harus kamu perhatikan memilih jasa content placement adalah terkait dengan artikel yang akan diterbitkan di website jasa content placement tersebut. Biasanya jasa content placement ini memiliki kriteria artikel tertentu yang boleh terbit di website mereka, seperti tidak mengandung SARA dan perjudian.

Cari tahu dengan jelas mengenai persyaratan ini dan sediakan konten artikel yang sesuai dengan persyaratan tersebut.

Jika jasa content replacement yang kamu pertimbangkan ternyata memiliki banyak review negatif, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk mencari opsi lainnya.

Itulah beberapa ulasan yang telah kami rangkum mengenai apa itu content placement. Hingga saat ini, memang harus diakui bahwa content placement adalah salah satu cara efektif yang dapat dipergunakan untuk membangun reputasi suatu bisnis atau website maupun mendatangkan trafik kunjungan.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik menggunakan strategi marketing ini untuk mengembangkan bisnis maupun website yang kamu miliki?.

Semoga artikel yang kami rangkum ini bermanfaat dan dapat memperluas wawasanmu. Jangan lupa untuk mengikuti artikel update lainnya seputar dunia blogging yang akan kami terbitkan ya. Terima kasih.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *