Makanan Untuk Meredakan Radang Yang Ada Disekitar Kita

Peradangan atau yang dikenal dengan istilah inflamasi merupakan bentuk reaksi ketahanan tubuh, saat merasakan adanya serangan infeksi, baik dari virus maupun bakteri. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri, bengkak, hingga area infeksi yang berubah warna menjadi kemerah – merahan.

Saat kita mengalami peradangan atau inflamasi, tidak perlu terlalu merasa khawatir. Karena dengan pengobatan sederhana dan istirahat yang cukup, inflamasi atau peradangan tersebut akan cepat mengalami pemulihan. Tidak semua orang tahu, kalau makanan yang mudah kita temukan sehari-hari ternyata dapat bantu menyembuhkan radang. Berikut daftar makanannya.

5 Makanan Di Sekitar Kita Yang Dapat Meredakan Radang

1. Bawang Putih

Mungkin bawang putih biasa diolah menjadi bumbu masakan sehari hari, tapi tahukah kamu? Dibalik rempah yang satu ini terkandung khasiat yang sangat ampuh untuk meredakan peradangan.

Selain berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok, kandungan didalam bawang putih ternyata juga sangat ampuh meredakan peradangan di dalam tubuh kita. Bahkan bukan Cuma itu, bawang putih juga berfungsi mencegah penyakit jantung, menurunkan resiko kanker, dan mengontrol tekanan darah didalam tubuh kita.

2. Kaldu Tulang

Selain rasa yang lezat dan menghangatkan tubuh, mengkonsumsi kaldu tulang juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan kolagen, gelatin, asam amino, prolin, arginin, dan glutamine, mampu memperkuat lapisan usus dan mencegah terjadinya peradangan pada tubuh kita.

Berikut beberapa khasiat mengkonsumsi kaldu tulang:

  • Mengurangi radang usus
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Meningkatkan system detoksifikasi
  • Memperkuat system percernaan

3. Sayur Brokoli

Salah satu sayur yang memiliki kepadatan gizi paling tinggi adalah brokoli. Didalamnya kita bisa mendapatkan Vitamin E, Vitamin C, Vitamin B6, Vitamin K, Asam folat, Dan anti-oksidan. Dengan susunan vitamin yang lengkap didalam brokoli, akan membantu menjaga kesehatan anggota tubuh kita, seperti: kesehatan kulit, kesehatan mata, meningkatkan system imun, dan termasuk meredakkan peradangan.

4. Jamur

Ternyata, dibalik rasanya yang lezat, jamur juga memiliki khasiat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Didalam jamur kita akan menemukan kandungan ergothioneine yang berperan penting meredakan inflamasi didalam tubuh kita. Bahkan bukan hanya anti inflamasi, kandungan didalam jamur juga terbukti ampuh sebagai anti virus dan anti bakteri.

Akan tetapi, kita perlu hati hati saat memilih jamur yang akan kita konsumsi. Jangan sampai, jamur yang kita beli justru memperburuk kondisi kesehatan kita. Adapun jamur yang biasa dikonsumsi dan beredar dipasaran antara lain, Jamur enoki, jamur tiram, jamur shitake, dan jamur kancing.

5. Salmon Liar

Secara umum, ikan salmon terbagi menjadi 2 jenis: salmon budidaya dan salmon liar. Adapun sekitar 50% salmon yang beredar dipasar dunia merupakan ikan salmon yang di hasilkan melalui proses budidaya. Dan perbandingan gizi antara kedua jenis salmon ini tentu sangat kontras sekali. Dimana ikan salmon liar jauh lebih bervitamin dibandingkan ikan salmon hasil dari budidaya.

Kembali ke masalah peradangan, Kandungan asam lemak omega-3 didalam salmon liar ternyata berkhasiat ampuh mengurangi peradangan didalam tubuh kita. Bahkan bukan hanya itu, kandungan omega-3 pada salmon liar juga terbukti mampu meningkatkan kesehatan mental, dan menurunkan resiko penyakit kronis.

Gimana? Itulah pembahasan singkat kita mengenai 5 makanan disekitar kita yang dapat meredakan radang. Semoga bermanfaat.Jangan lupa, share artikel ini keteman temanmu, agar mereka juga mengetahui apa yang kamu ketahui.

Leave A Reply

Your email address will not be published.