vitamin C topikal

Mengapa Vitamin C Topikal Penting untuk Kesehatan Kulit?

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang, baik itu wanita maupun pria. Ketahui lebih lanjut pentingnya vitamin C untuk kesehatan kulit yang akan mimin ulas kali ini.

Vitamin C topikal adalah bahan andalan dokter kulit yang didukung oleh ilmu pengetahuan yang dapat membantu memperlambat penuaan dini kulit. Mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, memperbaiki tampilan keriput, bintik hitam, dan jerawat. 

Sebagai antioksidan, yang berarti melawan radikal bebas berbahaya (toksin), yang bersentuhan dengan kulit Anda dari sumber eksternal seperti polusi udara. Atau dari dalam tubuh sebagai akibat dari proses normal seperti masalah pada metabolisme tubuh. Radikal bebas dapat merusak kulit, dan mengoleskannya dapat memerangi radikal bebas.

Mengapa Vitamin C Topikal Penting untuk Kesehatan Kulit?

Manfaatnya Vitamin C untuk Kulit

Beberapa studi klinis telah menunjukkan vitamin C dapat memperbaiki kerutan. Bahwa penggunaan formulasi vitamin setiap hari selama setidaknya tiga bulan membantu mengurangi munculnya kerutan halus dan kasar pada wajah dan leher. Serta memperbaiki tekstur dan penampilan kulit secara keseluruhan .

Vitamin C juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya, bila digunakan dalam kombinasi dengan tabir surya spektrum luas. Diterangkan bahwa menggabungkan vitamin C dengan bahan topikal lainnya, yaitu asam ferulat dan vitamin E, dapat mengurangi kemerahan. Membantu melindungi kulit dari kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh sinar matahari.

Penggunaan secara rutin dapat mengurangi munculnya bintik hitam dengan menghalangi produksi pigmen di kulit dan efektif mencerahkan. Selain itu, dapat membantu mengatasi jerawat melalui sifat anti-inflamasinya yang membantu mengontrol produksi sebum (minyak) di dalam kulit. Aplikasi dua kali sehari mengurangi peradangan jerawat bila dibandingkan dengan suntikan. 

Daftar Formulasi dan cek pada Label

Vitamin C dapat ditemukan dalam serum atau produk perawatan kulit lainnya. Formulasi vitamin C yang berbeda dapat mengubah kekuatan dan efeknya pada kulit. Pertimbangkan untuk membeli produk vitamin C dari dokter kulit Anda atau pengecer online terverifikasi. Perhatikan daftar formulasi klinis yang mengandung bentuk aktif vitamin C (misalnya, asam L-askorbat), memiliki kekuatan 10% hingga 20%, dan pH lebih rendah dari 3,5, kombinasi ini telah dipelajari dalam uji klinis. 

Vitamin C hanya boleh dipergunakan pada orang dewasa dan tidak dianjurkan untuk anak-anak. Selalu baca daftar bahan sebelum membeli produk ini. Jika Anda memiliki kepekaan atau alergi yang diketahui terhadap salah satu bahan, pertimbangkan tes tempel atau konsultasikan dengan dokter Anda sebelum digunakan.

Jika Anda memiliki kulit yang rentan jerawat atau berminyak, pertimbangkan untuk menggunakan formulasi yang juga melawan minyak, atau mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat yang melawan jerawat.

Cara menggunakan Vitamin C topikal

Urutan penggunaan sebagai perawatan kulit pagi hari:

  • Gunakan pembersih yang lembut
  • Oleskan beberapa tetes serum vitamin C ke wajah dan leher
  • Oleskan pelembab dan tabir surya.

Urutan penggunaan sebagai perawatan kulit malam hari :

  • Gunakan pembersih kemudian cuci wajah
  • Oleskan beberapa tetes serum vitamin C atau serum anti aging ke wajah dan leher
  • Oleskan pelembab dan night cream.

Anda dapat mulai menerapkannya setiap hari, jika mengalami sensasi kesemutan ringan dengan penggunaan vitamin C, dan dapat ditoleransi silahkan lanjutkan pemakaian. Mungkin diperlukan waktu hingga tiga bulan penggunaan yang konsisten untuk melihat peningkatan yang nyata. Jika mengalami ketidaknyamanan atau iritasi yang substansial, harap hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Vitamin C tidak menggantikan penggunaan tabir surya, Anda tetap wajib menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Batasi kegiatan dibawah sinar matahari yang terlalu lama. Oleskan ulang setiap beberapa jam tabir surya ke wajah.

Tabir surya memiliki peranan penting dalam menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar matahari, jika Anda mengabaikan penggunaanya bisa jadi timbul jerawat dan flek hitam hingga kulit kusam. Kombinasikan vitamin C (serum) dengan tabir surya untuk menjaga kulit, terutama kulit wajah.

Baca Juga 7 Penyebab Kulit Wajah Hitam Dan Kusam

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *