latihan dan kebugaran

Latihan dan Kebugaran Untuk semua Usia

Latihan dan Kebugaran

Berolahraga secara teratur, setiap hari jika memungkinkan, adalah satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda. Latihan dan kebugaran untuk semua usia dapat dilatih dan dimulai sejak dini dengan konsisten dan teratur, atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam jangka pendek, olahraga membantu mengendalikan nafsu makan, meningkatkan mood, dan meningkatkan kualitas tidur. Dalam jangka panjang, itu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, demensia, depresi, dan banyak jenis kanker. 

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup olahraga ringan namun dilakukan secara terus menerus maka hasil yang diharapkan akan sesuai, dengan terus latihan dan kebugaran didapat untuk kesehatan badan. Tubuh fisik kita selain butuh asupan gizi seimbang juga butuh gerak untuk kelenturan otot.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan hal berikut:

Latihan dan Kebugaran Untuk semua Usia

  1. Setidaknya 150 menit olahraga aerobik sedang seperti jalan cepat atau 75 menit olahraga berat seperti lari (atau kombinasi keduanya) setiap minggu. Tidak apa-apa untuk memecah latihan menjadi sesi yang lebih kecil selama masing-masing berlangsung setidaknya 10 menit.
  2. Latihan kekuatan yang melatih semua kelompok otot utama—kaki, pinggul, punggung, perut, dada, bahu, dan lengan—setidaknya dua hari seminggu. Latihan kekuatan mungkin melibatkan mengangkat beban, menggunakan band resistensi, atau latihan seperti push-up dan sit-up, di mana berat badan Anda memberikan perlawanan.

Otot yang dilatih akan semakin kuat dan terpola, bentuk tubuh lebih proporsional, stamina terjaga. Latihan otot dengan angkat beban memungkinkan sekali bagi Anda mendapatkan body builder. Dipercaya oleh para penggemar olahraga, bahwa olahraga selain menjaga kebugaran tubuh juga sebagai cara agar awet muda.

Untuk ibu hamil

Pedoman untuk latihan aerobik dianggap aman untuk sebagian besar wanita hamil. CDC tidak membuat rekomendasi untuk latihan kekuatan. Sebaiknya tinjau rencana latihan Anda dengan dokter Anda. Berjalan kaki sesering mungkin terutama memasuki usia kehamilan tua dipercaya dapat membantu kelancaran persalinan.

Dijaman modern sekarang ini, senam hamil sudah dapat ditemukan diberbagai rumah sakit bersalin. Jika mempunyai waktu atau hendak menyempatkan waktu untuk mengikuti kelas ini, ibu hamil dapat membicarakan dengan dokter kandungan yang menangani.

Untuk anak-anak

Setidaknya 60 menit aktivitas fisik sehari, yang sebagian besar harus dikhususkan untuk latihan aerobik. Anak-anak harus melakukan olahraga berat dan latihan kekuatan, seperti push-up atau senam, setidaknya tiga hari setiap minggu.

Ikut serta dalam Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) di sekolah yang biasanya diadakan 3 kali seminggu akan menambah semangat belajar. Bagi siswa sekolah olahraga dapat menjadi sesuatu hal yang menyebabkan otak menjadi aktif, cekatan dan kreatif.

Bagaimanapun gerak tubuh harus dimulai sejak dini, sejak kanak-kanak kemudian terusalh dijaga hingga usia dewasa bahkan menua. Masa kanak-kanak yang tubuhnya dilatih denga olahraga cenderung dapat mempertahankan elastisitas otot-otot tubuhnya.

Konon sebagai cara cepat menaikan tinggi badan, bukan berat badan. Tubuh yang bergerak menggunakan energi berlebih untuk membakar lemak, hal ini berdampak untuk menghindari obesitas.

Latihan dan kebugaran Menemukan keseimbangan

3 latihan sederhana untuk memantapkan langkah Anda

Hidup sehat membutuhkan keseimbangan dan bukan hanya dalam arti metaforis. Mampu menjaga keseimbangan fisik sangat penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari mulai dari naik turun tangga hingga meraih barang di rak supermarket. 

Tetapi sementara banyak orang melakukan jalan kaki setiap hari dan bahkan mungkin melakukan beberapa latihan kekuatan beberapa kali seminggu, latihan untuk membangun keseimbangan tidak selalu masuk dalam daftar latihan. Mereka harus, menurut para ahli.

Seiring bertambahnya usia, sistem fisik di dalam tubuh Anda yang membantu Anda menjaga keseimbangan tidak seresponsif ketika Anda masih muda. Menjaga keseimbangan sebenarnya adalah tugas kompleks bagi tubuh Anda , yang membutuhkan tindakan terkoordinasi tidak hanya dari otot Anda, tetapi juga mata, telinga, tendon, tulang, dan otak Anda.

Selain itu, masalah kesehatan yang menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia, seperti gangguan telinga bagian dalam, penurunan sensasi pada kaki, atau hipotensi postural (tekanan darah rendah dengan berdiri) dapat membuat Anda merasa tidak stabil.

Latihan dan kebugaran yang dirancang untuk meningkatkan keseimbangan dapat membantu Anda tetap tegak dan mencegah jatuh yang menyebabkan cedera.

Untuk ide tambahan dan informasi ada disini Olahraga Cara Mengecilkan Perut Wanita

Membangun keseimbangan tiga cara

Anda mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya latihan keseimbangan itu? Berdiri dengan satu kaki? Ya, itu memenuhi syarat. Ini termasuk dalam kategori yang disebut latihan keseimbangan statis. Ini meningkatkan keseimbangan saat Anda berdiri diam. Tetapi latihan keseimbangan yang baik juga harus mencakup latihan dinamis, yang ditujukan untuk membangun keseimbangan saat Anda bergerak. Idealnya, Anda harus mencoba menggabungkan beberapa latihan ini dua atau tiga kali seminggu.

Di bawah ini adalah tiga latihan sederhana yang dapat Anda gunakan untuk memulai. Yang pertama adalah latihan keseimbangan statis dan dua lainnya adalah latihan keseimbangan dinamis. 

Berdiri tandem

Posisi awal: Berdiri tegak, kaki dibuka selebar pinggul dan berat ditempatkan secara merata pada kedua kaki. Letakkan tangan di samping dan kencangkan otot perut Anda.

Gerakan: Letakkan kaki kiri tepat di depan kaki kanan, tumit sampai ujung kaki, dan rapatkan paha bagian dalam. Angkat lengan ke samping setinggi bahu untuk membantu menyeimbangkan. Kembali ke posisi awal, lalu ulangi dengan kaki kanan di depan. Ini melengkapi satu rep. Lakukan gerakan ulang satu hingga 3 set

Tip dan teknik:

  • Pilih tempat tepat di depan Anda untuk fokus.
  • Kencangkan otot perut, bokong, dan paha bagian dalam untuk membantu keseimbangan.
  • Jaga bahu Anda ke bawah dan ke belakang.

Gunakan alat bantu: Pegang bagian belakang kursi atau meja dengan satu tangan.

Tanpa alat bantu: Tahan posisi selama 60 detik; tutup matamu.

Kaki Menyilang

Posisi awal: Berdiri tegak, kaki rapat dan berat badan merata di kedua kaki. Letakkan tangan di sisi tubuh Anda.

Gerakan: Melangkah ke kanan dengan kaki kanan. Menyilang di depan dengan kaki kiri, melangkah keluar lagi dengan kaki kanan, dan menyilang ke belakang dengan kaki kiri. Lanjutkan mengepang ini selama 10 langkah ke kanan, lalu rapatkan kedua kaki Anda. Tahan sampai stabil. Sekarang lakukan 10 langkah mengepang ke sisi kiri dan kanan masing-masing 1 set.

Tip dan teknik:

  • Pertahankan postur netral di seluruh.
  • Lihatlah ke depan alih-alih ke bawah di kaki Anda.
  • Jangan membalikkan kakimu.

Buat lebih mudah: Ambil langkah-langkah kecil.

Buat lebih sulit: Tingkatkan kecepatan sambil tetap mengendalikan gerakan.

Langkah Ditempat

Posisi awal: Berdiri tegak, kaki rapat dan berat badan merata di kedua kaki. Angkat lengan Anda ke setiap sisi.

Gerakan: Melangkah ke depan dengan kaki kiri dan angkat lutut kanan. Mundur dengan kaki kanan dan angkat lutut kiri. Ini melengkapi satu rep. Selesaikan semua repetisi dengan kaki kiri di depan, lalu ulangi dengan memimpin dengan kaki kanan. 

Tip dan teknik:

  • Kencangkan pantat kaki yang berdiri untuk stabilitas.
  • Pertahankan postur yang baik secara menyeluruh.
  • Bernapaslah dengan nyaman.

Buat lebih mudah: Pegang bagian belakang kursi dengan satu tangan untuk menopang; angkat lutut Anda lebih sedikit.

Buat lebih sulit: Tahan setiap lutut selama empat hitungan.

Demikian langkah-langkah menyeimbangkan tubuh dengan latihan dan kebugaran pada kesempatan kali ini.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *