7 Pengusaha Muda Sukses dari Nol, Patut Jadi Inspirasi

7 Pengusaha Muda Sukses dari Nol, Patut Jadi Inspirasi

7 pengusaha muda sukses dari nol, patut jadi inspirasi – Kesuksesan datang  memang tidak memandang usia. Ada orang-orang yang baru sukses di usia tua seperti Kolonel Sanders sang pencipta KFC. Namun ada pula orang-orang yang berhasil sukses di usia muda meskipun memulai dari nol. Siapa saja orang-orang tersebut?

Berikut ini adalah 7 pengusaha muda sukses dari nol yang bisa jadi inspirasi, antara lain:

1. Mark Zuckerberg

Tentu saja, Mark Zuckerberg harus berada di urutan teratas daftar pengusaha muda sukses dari nol ini. Facebook berbicara atas semua kesuksesan yang telah diraih pria itu dengan meluncurkannya ketika baru berusia 19 tahun. Dalam beberapa tahun peluncurannya, Facebook menjadi salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Saat ini, Facebook terus berkembang dan mempekerjakan ribuan orang. Berasal dari pinggiran White Plains, New York City, individu yang suka bergaul ini selalu bersemangat tentang komputer dan kemajuan teknologi. Dengan dukungan aktif dari ayahnya, dokter gigi Edward Zuckerberg, Mark mempelajari dasar-dasar pengembangan perangkat lunak.

Sebagai seseorang yang awalnya keluar dari Universitas Harvard, Mark Zuckerberg menunjukkan sejauh mana hasrat dan dedikasi seseorang dapat mendorong seseorang menuju puncak kebesaran. Dikenal luas sebagai miliarder termuda di usia 24 tahun, Mark telah mendapatkan pengakuan di berbagai bidang, memperkuat reputasinya di seluruh dunia.

2. Ritesh Agarwal

Kesuksesan memang tidak berdasarkan usia. Hal itu berhasil dibuktikan oleh Ritesh Agarwal yang mendirikan OYO Rooms pada tahun 2015. Dirinya menjadi orang Asia pertama yang memenangkan ’20 under 20 ‘ Thiel Fellowship (2013), dinobatkan sebagai salah satu dari 50 wirausahawan teratas oleh TATA First Dot Awards (2013), dan menjadi CEO termuda di dunia pada usia 17 tahun.

Dengan kegemarannya traveling dan pernah tinggal di banyak hotel, Ritesh mengamati masalah umum di tempat ia menginap. Harga kamar hotel yang selangit tidak sebanding dengan fasilitas yang disediakan. Ritesh merasa bahwa mayoritas hotel di India tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar wisatawan dengan anggaran terbatas.

Karena itu, Ritesh berinisiatif memulai Oravel Stays, usaha pertamanya pada tahun 2012. Ritesh menyempurnakan model bisnisnya dan meluncurkan kembali Oravel sebagai ‘OYO’ yang merupakan kependekan dari ‘ON YOUR OWN’. Kini, Ritesh Agarwal menjadi salah satu pengusaha India yang paling dihormati melalui OYO.

3. Itthipat Peeradechapan

Pengusaha muda sukses dari nol yang berikutnya adalah Itthipat Peeradechapan atau kerap disapa Tob.  Saat usianya masih 16 tahun, Tob kecanduan game online. Meski sukses bermain game online dan memenangkan hadiah turnamen karena hobinya bermain game online, Tob kerap dipandang sebelah mata oleh para gurunya di sekolah.

Dia memutuskan putus sekolah untuk menjadi penjual kastanye ketika berusia 17 tahun. Tob menginvestasikan uangnya untuk menjual chestnut goreng, yang menjadi populer di Thailand. Pada tahun 2004, Tob mendirikan Tao Kae Noi (Little Tycoon) Food and Marketing Co., Ltd. Merek ini menjual makanan ringan rumput laut goreng yang menjadi populer di Thailand.

Pada Desember 2015, perusahaan melakukan penawaran umum perdana (IPO) di Bursa Efek Thailand, mengumpulkan 1,8 miliar baht. Kesuksesannya membuatnya populer di kalangan bisnis dan media. Perusahaan melaporkan laba bersih 160 juta baht pada kuartal ketiga tahun 2017. Kisah sukses Top bahkan sampai diangkat menjadi sebuah film.

4. Nadiem Makarim

7 Pengusaha Muda Sukses dari Nol, Patut Jadi Inspirasi
https://infokomputer.grid.id/

Di kota yang terkenal dengan lalu lintasnya yang sangat padat, Nadiem Makarim datang dengan sebuah jawaban, yaitu dengan Gojek, revolusi transportasi digital yang kini menjadi decacorn pertama di Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi seluler, siapa saja bisa menjadi pengemudi dan siapa saja bisa memesan Gojek dimanapun.

Sebelum merambah menjadi pengusaha, Nadiem telah bekerja sebagai Konsultan Manajemen untuk Mckinsey & Company di Jakarta selama tiga tahun. Dan sebagai awal berbisnis, Nadiem adalah salah satu pendiri dan Managing Director Zalora Indonesia sebelum menjadi Chief Innovation Officer di Kartuku.

Di tahun pertama, Gojek mengalami awal yang berat. Sebagai brand yang relatif tidak dikenal, Nadiem mengalami masa-masa sulit dalam merekrut driver. Nadiem sering menghabiskan waktunya di jalan untuk mempromosikan dan merekrut pengendara sendiri. Kini setelah Gojek sukses, Nadiem memutuskan untuk keluar dan mengabdi sebagai menteri negara.

Baca Juga: Inilah 9 Artis Indo dengan Followers Terbanyak di Instagram

5. Nathan Blecharczyk

Nathan Blecharczyk adalah seorang pengusaha miliarder Amerika, yang merupakan salah satu pendiri sekaligus kepala petugas strategi Airbnb.  Aplikasi Airbnb dapat digunakan untuk mengatur atau menawarkan penginapan, homestay, atau pengalaman pariwisata. Nathan lahir dan besar di Massachusetts dan menciptakan bisnis perangkat lunak online saat masih di sekolah menengah.

Nathan Blecharczyk menyelesaikan studinya dari Universitas Harvard. Untuk beberapa waktu Nathan bekerja untuk Microsoft, sebagai manajer program. Kemudian, pada tahun 2007, Nathan menjadi pengembang utama di Batiq. Pada 2008, bersama Brian Chesky dan Joe Gebbia, dia ikut mendirikan Airbnb yang awalnya bernama Airbedandbreakfast.com.

Di awal pendirian, Nathan dan rekannya kesulitan mendapatkan dana. Tak berhenti, ide cemerlang muncul dari kepalanya dimana Nathan pergi ke Konvensi Partai Demokrat untuk menjual sereal yang diberi label Obama. Sereal itu laku keras dan Nathan memperoleh cukup uang untuk mengembangkan Airbnb sampai sebesar sekarang.

6. William Tanuwijaya

Siapa yang tak kenal Tokopedia, salah satu marketplace terbesar di Indonesia saat ini. Tak banyak yang menyangka bahwa start-up yang kini berstatus unicorn tersebut dimulai dari nol oleh seorang anak daerah bernama William Tanuwijaya. Tokopedia dimulai dari mimpi William Tanuwijaya pemuda dari kelas menengah di kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Untuk pendidikan lanjutannya, William melamar di Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta dan kemudian diterima untuk program studi S1 ‚Äč‚ÄčInformatika. Karena termasuk keluarga dengan pendapatan rata-rata, William memutuskan untuk bekerja sebagai paruh waktu untuk mendukung pendidikannya.

Berbekal pengalamannya, William mendirikan Tokopedia pada tahun 2009. Karena tidak memiliki background sebagai pengusaha, banyak investor yang meragukan kemampuan William. Berkat dukungan dari boss di perusahaan lamanya, William akhirnya mendapat banyak suntikan dana dan membuat Tokopedia sebesar sekarang.

7. Aliff Syukri

Daftar pengusaha muda sukses dari nol yang terakhir adalah Aliff Syukri. Namanya mungkin jarang dikenal di Indonesia, tapi begitu tersohor di Malaysia. Aliff dikenal sebagai salah satu pengusaha muda yang sukses mengembangkan kerajaan bisnisnya. Tumbuh di keluarga yang tidak kaya, membuat Aliff menghargai setiap sen yang diperolehnya.

Keterlibatannya di dunia bisnis dimulai sejak usia dini. Dimulai dengan bisnis kecil, akhirnya membuahkan hasil yang menguntungkan. Aliff memulai bisnisnya saat berusia tujuh tahun saat tinggal bersama neneknya di Sabak Bernam, Selangor. Disaat tas teman-temannya penuh dengan buku, tas Aliff malah penuh dengan barang dagangan.

Setelah tamat sekolah, Aliff memulai usahanya di bidang kosmetik serta melanjutkan usaha dagangnya. Setelah bergelut berbisnis dari rumah ke rumah, bermodalkan tabungan yang terkumpul, Aliff mulai menyewa kios di salah satu pusat perbelanjaan di Subang Jaya, Selangor. Hingga kini Aliff sukses dengan brand kosmetiknya yaitu D’Herbs.

Demikian beberapa pengusaha muda sukses dari nol yang mungkin bisa menjadi inspirasi. Melalui tokoh-tokoh diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa untuk memulai bisnis tidak perlu modal yang besar namun ketekunan, semangat, dan pantang menyerah adalah kunci yang utama. / Dy

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *