Museum Angkut Batu Malang

Review Museum Angkut Batu Malang Sebagai Wisata Otomotif Seru dan Edukatif

Sejak beberapa tahun terakhir Museum Angkut Batu Malang menjadi salah satu wisata yang digemari masyarakat. Jika berlibur ke Malang, rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi Batu.

Banyak wisata kuliner maupun hiburan yang menarik minat pengunjung, salah satunya Museum Angkut. Dengan memadukan seni serta budaya, museum ini tidak hanya edukatif namun juga menghibur.

Mulai beroperasi pada tahun 2014, wisata modern ini berjarak kurang lebih 20 km dari Malang. Museum ini sangat cocok bagi pecinta dunia otomotif karena menghadirkan tema utama yakni transportasi dari masa lampau hingga masa kini. Hingga kini terhitung sudah mencapai 300 koleksi.

Museum Angkut Batu Malang adalah salah satu bagian dari Jawa Timur Group. Tempat wisata ini banyak digemari karena ada banyak spot foto yang menarik. Pengelolaan tempat ini sendiri memang difokuskan untuk menjadi tempat pengunjung mengabadikan momen. Berikut beberapa informasi penting terkait Museum Angkut, diantaranya:

Operasional

Museum Angkut Batu Malang
travel malang juanda

Untuk menikmati wisata di Museum Angkut Batu Malang biayanya cukup terjangkau. Dengan menyisihkan sebesar 80 ribu pada hari biasa (Senin sampai Jumat) sudah bisa mengunjungi tempat ini. Sedangkan untuk akhir pekan (Sabtu Minggu) dan hari libur akan dikenakan biaya sebesar 100 ribu. Saat ini juga terdapat promo bagi yang datang berkelompok.

Museum Angkut berada di kota Batu tepatnya Jl. Terusan Sultan Agung nomor 2. Sejak masa pandemi, jam bukanya selama delapan jam mulai pukul 11 pagi hingga 7 malam. Museum menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti melakukan pembatasan jumlah pengunjung, pembelian tiket melalui online dan tersedianya hand sanitizer di berbagai area museum.

Pada museum ini pengunjung tidak diperbolehkan untuk merokok, dilarang membawa hewan peliharaan, juga dilarang membawa makanan ataupun minuman dari luar (pengecualian untuk bekal bayi). Museum Angkut juga menyediakan angkutan umum melalui terminal Batu. Pengunjung bisa melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan angkutan umum warna jingga berkode BNK.

Pengunjung yang memiliki tinggi badan diatas 85 cm dikenakan biaya penuh. Apabila membawa kamera dengan jenis tertentu seperti Polaroid, DSLR, digital, dan sejenisnya maka biaya tambahan akan diberlakukan. Hal ini tidak berlaku bagi pengguna ponsel pintar.

Wahana Utama

Salah satu keunikan museum ini adalah banyaknya zona yang mewakilkan tema dari tiga benua yang berbeda: Asia, Amerika, serta Eropa. Bahkan juga terdapat mobil listrik Tucuxi yang pernah mengalami kecelakaan saat sedang dilakukan uji coba di Magetan. Di sini pengunjung dapat mengenal karakteristik transportasi pada masing-masing zona sekaligus mengabadikan gambar / video. Beberapa wahana unggulan di Museum Angkut antara lain:

Museum Angkut Batu Malang
tempat wisata seru

1. Ruang Utama

Zona utama merupakan area terbesar yang berada di bagian depan. Di sini pengunjung akan disuguhkan pemandangan apik dari berbagai mobil dan motor yang berasal dari seluruh dunia. Mobil zaman dahulu terlihat sangat artistik dan menggunakan pilihan warna yang cukup jarang ditemukan di masa sekarang.

Tidak hanya mobil dan motor, namun juga terdapat replika pesawat tempur yang digunakan pada masa perang masih terjadi di berbagai negara. Salah satunya adalah Air Force milik Indonesia dan juga pesawat kepresidenan. Dalam replika tersebut lengkap dengan ruang pertemuan hingga tempat istirahat presiden.

2. Edukasi

Area dengan luas 900 meter ini cukup disukai keluarga yang membawa serta anak-anak. Mengenalkan anak dengan pengetahuan seputar transportasi dari berbagai belahan dunia menjadikan liburan tidak hanya menyenangkan namun juga menambah ilmu. Area ini memiliki interior dan pencahayaan yang memanjakan mata, juga disertai penjelasan mengenai transportasi secara lengkap dan jelas sehingga anak akan lebih betah.

3. Flight Simulator

Bagi pengunjung yang tertarik pada sensasi menerbangkan pesawat, zona flight simulator bisa menjadi pilihan yang tepat. Ruangan simulator ini dirancang semirip mungkin dengan kabin pesawat terbang. Pengunjung berkesempatan mencoba menerbangkan pesawat mulai dari lepas landas hingga mendarat.

4. Jepang

Mewakili benua Asia, selain Indonesia juga terdapat zona Jepang. Berbagai transportasi buatan Jepang yang menguasai dunia otomotif seperti Honda, Suzuki, Yamaha terdapat di sini. Selain itu juga bisa ditemukan beberapa kendaraan ala Jepang dari masa lalu hingga masa kini.

5. Sunda Kelapa

Pada zona Sunda Kelapa nuansa Indonesia pada masa lalu terasa sangat kental. Di sini terdapat kendaraan Indonesia di zaman dahulu. Selain itu juga terdapat replika dari Pelabuhan Sunda Kelapa yang disertai kapal tradisional. Dilengkapi dengan beberapa toko yang memiliki ejaan Belanda semakin menyerupai suasana seperti saat DKI Jakarta masih bernama Batavia.

6. Pasar Apung

Area di Museum Angkut Batu Malang yang satu ini diperuntukkan bagi yang hendak membeli makanan dan jajanan tradisional. Area ini sangat unik karena pengunjung dapat merasakan menaiki perahu sambil membeli jajanan. Konsep ini mengambil tema seperti pasar apung di Kalimantan. Pengalaman membeli makanan yang berbeda dari biasanya.

7. Istana Buckingham

Sebagai salah satu negara terkuat dan paling tersohor, sampai saat ini pemerintahan di Inggris masih berbentuk kerajaan. Pada Museum Angkut Batu Malang pengunjung bisa melihat replika transportasi terkenal Inggris seperti Rolls Royce, Mini Cooper, Austin, hingga Land Rover.

8. Gangster Town & Broadway Street

Museum Angkut Batu Malang
keloggs

Ini adalah area yang paling difavoritkan pengunjung di berbagai situs review, Gangster Town & Broadway Street memiliki daya tariknya sendiri. Di area ini pengunjung dapat merasakan sensasi seperti berada di film gangster Amerika. Sedangkan Broadway Street adalah tempat yang sangat disuka artis dari berbagai belahan dunia, lengkap dengan model angkutan tradisional yang melakukan parade di area tersebut.

9. Special Show

Pada Museum Angkut Batu Malang juga terdapat pertunjukan spesial yang diadakan pada jam tertentu. Seperti pertunjukan fashion dari jam 18.30 setiap hari, cosplay pahlawan film setiap siang mulai jam 12.30, juga pertunjukan elemental yang diadakan pada akhir pekan.

Fasilitas

Museum Angkut menyediakan fasilitas lengkap. Terdapat area parkir luas, tempat makan berupa zona apung (food court), mesin ATM, loker penyimpanan barang, toilet yang bersih, hingga lift. Khusus pengunjung yang tidak ingin terlalu letih jalan kaki juga disediakan shuttle car yang dapat disewa. Kemudian untuk tempat beribadah sholat pengunjung bisa mendatangi mushola. Selain bersih, mushola juga dilengkapi dengan pendingin ruangan serta buku Al-Quran.

Saat ini wisata dengan tema edukasi semakin berkembang di Indonesia. Museum Angkut adalah salah satu yang memulai gebrakan baru dengan mengangkat tema transportasi. Sebaiknya tidak terburu-buru saat berada di sini karena sangat disayangkan jika melewati pemandangan dan pembelajaran baru yang tersedia.

Demikian review seputar wisata Museum Angkut yang bernuansa otomotif dari berbagai benua. Sambil menikmati liburan dengan sajian visual yang menawan dan mengabadikan momen, pengunjung juga berkesempatan mempelajari sejarah transportasi dunia di Museum Angkut Batu Malang. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara konsisten.

Demikian ulasan dari clinik mengenai Review Museum Angkut Batu Malang Sebagai Wisata Otomotif Seru dan Edukatif, semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda/ /Aha

Baca Juga: 11 Tempat Wisata Romantis di Malang dan Sekitarnya

Comments (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *